Kulkas meledak oleh sebab-sebab ini

Pada suatu hari di salah satu rumah di komplek perumahan yang padat telah terjadi peristiwa menghebohkan warga yaitu terjadinya kebakaran kulkas, untung saja ketika itu hari masih sore sehingga penghuni rumah belum terlelap dan masih banyak orang yang lalu lalang sekitar rumah tersebut. Salah satu warga yang mendapati kepulan asap dari rumah segera mendatangi rumah tempat kejadian, yang kemudian ditindak lanjuti dengan menurunkan saklar utama listrik, lalu ramai-ramai memadamkan api yang berkobar di atas kulkas.
Berbagai tuduhan di tujukan kepada pemilik rumah atas kelalaian yang mereka lakukan, kebanyakan dari mereka mengira bahwa kebakaran yang terjadi akibat pemilik kulkas menyalakan lilin diatas kulkas kemudian lupa memadamkannya, hingga lilinnya habis dan apinya membakar bagian atas kulkas.
Adanya tuduhan kalau lilin penyebab kebakaran tercetus karena jaringan listrik yang tersambung ke kulkas tidak memperlihatkan adanya kerusakan., kabel masih utuh , colokan listrik tidak gosong, dan saklar listrik utama juga tidak turun sebagaimana umumnya bila terjadi hubungan pendek.

Setelah dilakukan penyelidikan ternyata penyebab kulkas terbakar bukan karena hubungan arus pendek listrik (listrik korslet) dan bukan pula karena api yang timbul dari lilin yang habis terbakar. Kebakaran terjadi sebagai akibat adanya ledakan tiba-tiba dari dalam kulkas bagian freezernya.

Mengapa kulkas bisa meledak dengan sendirinya ? Ternyata penjelasan mengenai penyebab-penyebabnya sudah dimuat di berbagai media di internet, dibawah ini adalah penjelasan nya;

– Kulkas meledak akibat minuman kaleng bersoda.
Kedalam minuman bersoda selain bahan minuman yang notabene berupa zat cair seperti cocacola, sprite, pepsi dan lainlain, dimasukan pula gas zat carbondioksida yang berupa gas, ini adalan bahan utama yang menyebabkan rasa minuman bersoda jadi lain daripada minuman biasa. Apa yang terjadi jika kaleng minuman bersoda di simpan dalam freezer, maka isi kaleng yang tadinya cair akan membeku menjadi es, perubahan dari cair menjadi beku menyebabkan ruang didalam kaleng menyempit sehingga gas yang ada di dalam kaleng akan tertekan, tekanan nya bisa menjadi sangat besar dan dapat menyebabkan kaleng pecah, bahkan bisa menyebabkan kaleng terbang menghantam dinding freezer, hantaman ini yang sangat berbahaya karena bisa menimbulkan komponen kulkas ikut hancur, kemudian isi kulkas menyembur ke bagian kelistrikan sehingga yang sedang hidup, sehingga litrik bisa konslet dan menimbulkan api. Inilah penyebab utama kebakaran yang terjadi akibat meledaknya minuman bersoda.

kaleng minuman soda

– Minuman beralkohol di dalam botol tertutup rapat
Minuman beralkohol yang tertutup rapat juga tidak boleh disimpan didalam freezer karena dapa menyebabkan ledakan, proses terjadinya ledakan sama seperti yang diterangkan untuk minuman berkarbon.

botol minuman alkohol

– Dry Es dapat menyebabkan ledakan
Dry ice merupakan salah satu pengganti es batu, bahan baku dry ice adalah carbondioksida yang sudah di bekukan sehingga berubah menjadi seperti es. Sekarang ini ada kipas angin yang memanfaatkan dry es sebagai media pendingin, dengan cara menambahkan tangki air pada bagian kipas sehingga ketika angin dari baling-baling kipas berhembus , hembusannya akan meniup uap air yang sudah lebih dingin karena pengaruh dry es. Hati hati jika ada yang salah dengan menempatkan kotak dry ice di bagian freezer karena dapat menyebabkan ledakan seperti halnya pada minuman bersoda.

dry ice bikin kulkas meledak

Itulah material yang tidak boleh disimpan di bagian freezer daripada kulkas, selain itu juga disarankan untuk tidak menempatkan benda-benda elektronik diatas kulkas, karena gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan kulkas dapat merusak peralatan elektronik. Alangkah baiknya pembaca menyimak tulisan tentang cara merawat kulkas pada artikel yang berjudul “Cara Merawat Kulkas”




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *