Berapa lamakah  masa pakai kulkas dan freezer?

Kulkas dan freezer adalah peralatan rumah tangga yang dimiliki oleh hampir setiap keluarga di zaman sekarang ini, mengingat peralatan rumah tangga kulkas dan freezer kegunaannya bukan hanya sekedar alat pendingin, tetapi lebih difungsikan sebagai perangkat untuk mengawetkan bahan makanan. Namun apakah pernah terpikir dalam benak anda berapa lama umur daripada kulkas dan freezer yang saat ini anda pergunakan? Dengan mengetahui berapa lama kulkas dan freezer yang anda pakai bisa bekerja dengan baik, anda akan punya  pedoman dalam mempersiapkan dana untuk biaya penggantiannya.

Menurut hasil suvey kulkas dengan kualitas tertinggi dapat bekerja dengan baik antara 10 hingga 18 tahun, atau rata-rata mampu bertahan hingga 14 tahun. Sedangkan untuk kualitas menengah umurnya lebih pendek lagi yaitu berkisar antara 8 hingga 12 tahun, sedangkan untuk kulkas dengan kualitas standar, rata-rata memiliki harapan bekerja baik selama 8 tahun.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kulkas memang termasuk peralatan elektronika yang mampu bertahan cukup lama masa pakainya jika dibandingkan dengan mesin cuci atau AC dan kipas angin. Namun hal ini tentu saja tidak terlepas dari cara pemakaian dan pemeliharaan yang dilakukan oleh pemilik terhadap kulkasnya. Semakin lama masa pakai suatu peralatan secara otomatis akan membantu menghemat  pengeluaran atau paling tidak bisa menunda pengeluaran untuk keperluan lain.

Kali ini admin jasaservis  ingin membagikan tips agar umur kulkas dapat diperpanjang ;

Memeriksa fungsi karet perekat pintu.

Membiasakan untuk memeriksa keutuhan karet yang berfungsi untuk merapatkan pintu merupakan salah satu langkah pemeliharaan yang dianjurkan, karet yang longgar atau yang sobek, (apalagi malah dilapisi dengan solation tape)  dapat menyebabkan pintu tidak tertutup rapat, hal ini bisa memacu kompressor untuk bekerja lebih keras daripada normalnya, sehingga bisa mengakibatkan umur kompresor menjadi lebih pendek. Gantilah segera karet pintu kulkas dan freezer jika mendapati keadaan yang seperti demikian.

Atur jarak kulkas dengan dinding secukupnya.

Kulkas akan bekerja dengan baik jika aliran udara di semua sisi mengalir dengan baik, oleh karena itu ketika menempatkan sebuah kulkas keadaan disekelilingnya perlu diperhatikan, kebanyakan pemakai kulkas hanya mempertimbangkan estetika serta ingin memanfaatkan ruang seefesien mungkin, sehingga posisi kulkas tidak diperhatikan kelancaran sirkulasi udaranya, yang sering terjadi bagian belakangnya dirapatkan ke dinding, serta bagian sisi-sisinya di rapatkan ke kabinet lain, tambahan bagian atasnya di penuhi dengan tumpukan barang-barang. Maka lengkaplah sudah penderitaan si kulkas. Mulai sekarang mari atur posisi kulkas agar ada jarak dengan benda-benda di sekitarnya sehingga masa pakainya bisa  tambah lama.

Membersihkan kondensor

Kondensor adalah bagian dari kulkas yang didalamnya mengalir freon, posisinya pada kulka standar ada di bagian belakang kulkas. Perangkat ini adalah bagian yang paling banyak berhubungan dengan udara luar sehingga kodisinya seringkali berdebu, lakukan langkah membersihkn kondensor Ketika sudah tampak kotor, bisa menggunakan kuas cat atau sikat cuci, lakukan langkah ini secara teratur sebagaimana anda membersihkan kisi-kisi kipas angin. Kondensor yang kotor dapat menyebabkan kerja compressor meningkat, sehinga konsumsi listrik juga meningkat dan fatalnya lagi bisa menyebabkan compressor menjadi cepat rusak.

Posisi kulkas harus rata

Kulkas juga sebaiknya ditempatkan dalam posisi rata, maksudnya jika dipergunakan alat yang dinamakan level pass maka posisi air pada level pas akan tepat berada di tengah, tentu anda tidak perlu memiliki alat level pass dulu untuk mengetahui posisi kulkas rata atau tidak hal ini bisa saja dengan mengukur jarak lantai ke bagian atas kulkas, paling tidak secara visual antara bagian kiri dengan lantai serta antara bagian kanan dengan lantai  jaraknya harus sama, jika tidak rata maka bagian pengatur level yang biasanya  terdapat pada bagian kaki kulkas harus diatur lagi.

kaki kulkas

Mengapa posisi kulkas harus rata? Karena jika agak miring ada kemungkinan pintu kulkas tidak benar-benar rapat, hal ini bisa menyebabkan kondensasi masuk dan berpengaruh terhadap kerja kompresor, kompressor yang bekerja lebih keras akan cepat aus sudu-sudunya, sehingga cepat mengalami kerusakan. Demikian sekarang kita tahu kenapa bagian bawah kulkas dilengkapi dengan kaki-kaki yang bisa diatur ketinggiannya. Bilamana kaki kulkas sudah rusak sehingga  tidak bisa diatur lagi, pemilik kulkas bisa membeli alas khusus untuk kulkas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini;

Tanyakan masalah kulkas anda kepada ahlinya

Ketika kulkas yang ada mengalami kerusakan, tidak serta merta harus diganti dengan kulkas yang baru, kecuali kalau memang ada rencana untuk menukarnya dengan kulkas yang memiliki fitur lebih tinggi. Sepanjang masih ada keinginan untuk menggunakan kulkas yang ada, sebaiknya jika menjumpai masalah walau sekecil apapun langsung dikonsultasikan dengan penyedia  jasa servis kulkas, hal ini dimaksudkan agar kerusakan tidak menjalar ke bagian lain yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kerusakan fatal dan  membutuhkan biaya perbaikan yang lebih banyak. Bila anda belum punya tempat servis kulkas yang dapat dihubungi kami memberi informasi alamat tukang servis kulkas untuk anda pada halaman  “Jasa servis kulkas di beberapa kota” silahkan di pergunakan, semoga informasi ini bermanfaat.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *