Cara mengisi AC dengan freon showa R22

Tidak semua dampak pandemi covid-19  sesuatu yang tidak baik, ada juga diantaranya yang berupa hal-hal positif, yang paling sering jadi bahan pembicaraan yaitu pandemi telah melatih orang jadi terbiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan, selain itu efek dari pandemi juga menuntut orang melakukan banyak hal secara mandiri, hal ini menjadi tuntutan yang tanpa disadari telah menciptakan  kebiasaan-kebiasaan yang positip. Akibat orang ingin mengurangi kontak langsung dengan orang lain maka timbul ide-ide untuk  melakukan kegiatan apapun secara mandiri, salah satu diantaranya yang mengilhami tulisan ini yaitu menambah freon AC tanpa bantuan jasa servis. Mengisi freon AC rumahan sendiri tidak pernah terpikir sebelumnya,  karena mengira bahwa kegiatan tersebut harus dilakukan oleh seorang ahli yaitu teknisi service AC. Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan apabila ingin mengisi freon AC dengan cara yang praktis, yang bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan tukang servis.Freon yang akan dipakai adalah freon R22 yang dikemas dalam tabung mungil isi 1 Kg yang dikenal denga nama freon showa.

Freon showa R22 banyak dijual di pasaran baik di toko offline maupun di lapak online. Sebelum melakukan langkah pengisian ada baiknya mengenal dulu perangkat apa saja yang diperlukan dan bagaimana cara menggunakannya.

Daftar alat yang diperlukan yaitu:

1 set single manifold .
2 pcs selang R22 beda warna.
1 kaleng freon showa R22 yang 1kg.
1 pcs kran pembuka kaleng freon.

Single manifold

Alat ini memang khusus dirancang untuk menunjang pekerjaan yang berkaitan dengan peralatan pendingin. Perhatikan bentuknya pada gambar dibawah ini;

freon showa-5

Manifold single tersusun dari sebuah pressure gauge penunjuk tekanan  (1), sebuah handel untuk menutup dan membuka aliran (2), dan dua buah port yang terdiri dari port input (3) dan port output(4). Pada pemakaiannya port input dengan port output tidak boleh terbalik.

Selang.

Selang fleksibel terbuat dari karet khusus yang dirancang untuk tahan pada suhu sangat  dingin, pada selang  tercetak informasi jenis likuid apa saja yang  cocok untuk dialirkan menggunakan selang tersebut, adapun warnanya selalu terdiri dari tiga warna yaitu merah, kuning dan biru.

freon showa-4

Kran pembuka kaleng.

Tabung freon showa dirancang special, agar tabung bisa dipergunakan dengan aman  ada perangkat khusus yang cocok untuk dipasangkan pada bagian atas tabung, perangkat ini disebut can tap valve, alat ini bukan hanya sekedar valve tetapi memiliki fungsi sebagai pembuka tabung, lihat detail nya pada gambar dibawah ini;

  1. Handel untuk menutup aliran jika diputar searah jarum jam dan membuka bila diputar berlawanan arah jarum jam.
  2. Port keluaran, ini untuk disambungkan dengan selang.
  3. Port untuk dipasang pada tabung freon, disini terlihat ada bagian yang berupa paku, itu adalah alat yang akan menusuk tabung, oleh karena itu alat ini disebut can tap.

Cara pemasangannya pada tabung; handel diputar dulu berlawanan arah jarum jam hingga mentok,  ini artinya jarum akan naik sehingga pada saat perangkat ini dipasangkan jarumnya tidak menusuk tutup tabung. Kemudian pasangkan perangkat pada tabung dengan cara menempatkan perangkat pada bagian atas tabung lalu diputar ke arah mengencangkan. Lihat perangkat yang sudah terpasang pada tabung di gambar bawah ini;

freon showa-1

Langkah selanjutnya adalah memasangkan selang-selang pada port input dan port output

freon showa-2

Merujuk pada gambar diatas selang biru dipasangkan pada manifold port inlet dan selang merah dipasang pada manifold port output, berarti selang merah ini yang akan  di hubungkan ke pipa AC untuk memasukkan freon. Gambar dibawah ini menunjukkan bagian outdoor daripada AC split dimana terdapat  injection port  jalur  untuk memasukkan freon. Ke port inilah selang merah dipasangkan.

Langkah selanjutnya pasangkan selang merah ke injection port, tentu saja sebelumnya buka dulu tutupnya. Setelah semua bagian terpasang yaitu, can tap, manifold, selang biru ke tabung freon dan selang merah ke injection port sekarang kita lakukan langkah pengisian. Ingat AC harus tetap dalam keadaan hidup.

  1. Periksa semua sambungan dalam keadaan kencang agar tidak terjadi kebocoran, keadaan awal can tap posisi handelnya di posisi penuh berlawanan arah jarum jam, sedangkan handel manifold di posisi tertutup atau mentok ke posisi se arah jarum jam. Dalam keadaan seperti ini pressure gauge pada manifold akan menunjukkan tekanan freon yang ada di dalam  AC, misalnya menunjukkan 50PSI, untuk AC kapasitas 1 PK tekanan ini kurang sehingga perlu ditambah hingga 80 PSI.
  2. Putar handel daripada can tap searah jarum jam, ini akan membuat lubang pada tabung  sehingga freon mengalir dari tabung ke manifold.
  3. Kemudian mulai masukkan freon ke dalam AC dengan memutar hendle manifold berlawanan arah jarum jam, tunggu bebrapa saat lalu tutup handle manifold, baca tekanan pada pressure gauge, akan diperoleh nilai tekanan lebih dari 50PSI, ini karena sudah ada freeon yang masuk, demikian ulangi lagi membuka dan menutup handle manifold sampai tekanan yang diinginkan tercapai.

Sangat mudah melakukan langkah pengisian freon dengan menggunakan freon showa R 22, setiap orang dapat melakukannya, hanya saja perlu memiliki peralatan yang dibutuhkan. Harga seluruh peralatan tersebut bisa dilihat di market place kira-kira 400 ribuan. Lumayan bisa menghemat, ini yang dimaksud dampak positip dari pandemi covid-19. Mengisi freon dengan showa R22 baru bisa dilakukan pada AC rumahan adapun untuk mengisi freon pada kulkas biasanya dilakukan dengan menggunakan pompa vakum, baca artikel tentang cara mengisi freon kulkas klik disini.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *