Apakah yang dimaksud kulkas Duo Cooling?

Istilah kulkas dua pintu tentu sudah tidak asing lagi, artinya adalah kulkas yang memiliki pintu dua set, satu diatas dan satu dibawah, bagian atas biasanya berupa freezer sebagai pembeku dan bagian bawah berupa refrigerator yang berfungsi sebagai pendingin. Lebih daripada itu jarang yang tahu bahwa kulkas dengan dua pintu terdiri dari dua tipe yaitu tipe biasa atau konvensional dan kulkas dua pintu model duo cooling atau disebut juga model twin cooling.

Apakah yang dimaksud kulkas duo cooling?

Kulkas duo cooling adalah kulkas yang didesain memiliki dua kompartemen dengan dua sirkuit pendingin yang terpisah, jadi antara bagian freezer dengan bagian refrigerator tidak ada hubungannya, masing -masing memiliki sistim pengaturan suhu sendiri-sendiri. Fitur terpisah ini memberi manfaat lebih dibanding dengan kulkas biasa, diantaranya, efek makanan terkontaminasi bau dari bahan makanan lain dapat dicegah, kemudian juga bisa mempertahakan kondisi buah atau sayuran lebih awet dan tidak mudah layu, efek ini dapat dianalogikan seperti demikian, jika kulit kita berada pada suhu dingin agak lama lalu pindah ke ruang yang lebih  tinggi suhunya, maka kulit kita akan terasa kering, itu karena udara dingin telah menyerap kelembaban dari pada kulit kita, oleh karena itu jadi terasa kering dan membutuhkan pelembab untuk mengatasinya, demikian juga dengan buah atau sayuran yang terkonrtaminasi suhu lebih dingin akibat kiriman dingin dari freezer ke bagian refrigerator, dapat menyebabkan sayur dan buah yang ada di kompartemen refrigerator cepat kering atau menjadi layu. Selain itu sistim duo cooling juga dapat mencegah perpindahan bau makanan antar kompartemen, keju yang disimpan di bagian refrigertotr tidak akan menyebarkan baunya ke makanan lain yang disimpan di kompartemen freezer.

Karena tidak ada pertukaran udara, kedua kompartemen tidak dapat saling mempengaruhi secara negatif, memungkinkan kontrol suhu yang tepat. Kelebihan lainnya lagi, jika kita perlu mencairkan bagian refrigerator bisa dilakukan tanpa mempengaruhi kondisi suhu pada bagian freezer.

Pengaturan suhu pada bagian freezer biasanya berkisar antara minus 15 derajat celsius hingga minus 26 derajat celsius, sedangkan pada kompartemen refrigerator berkisar antara positip 3 derajat celsius hingga positip 9 derajat celsius.

Karena tidak ada pertukaran udara, kedua kompartemen tidak dapat saling mempengaruhi secara negatif, memungkinkan kontrol suhu yang tepat. Kelebihan lainnya lagi, jika kita perlu mencairkan bagian refrigerator bisa dilakukan tanpa mempengaruhi kondisi suhu pada bagian freezer.

Salah satu contoh kulkas model duo cooling yaitu kulkas merk Samsung type Twin Cooling Plus, adapun untuk merk lain silahkan pembaca mencari- sendiri di google ya.

Semoga informasi ini bermanfaat, baca tulisan keunggulan kulkas lainnya pada artikel “Fitur-fitur kulkas terbaru” 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *