Bisnis jual beli kambing aqiqah tawarkan keuntungan bervariasi.

Mengingat kebutuhan orang akan kambing tidak ada putusnya maka usaha perdagangan kambing selalu ramai dan selalu ada pangsa pasarnya. Pada periode tertentu malah kebutuhan kambing bisa melonjak dengan signifikan seperti pada saat menjelang hari raya Iedul adha, pada saat musim perayaan pesta nikah, di hari lebaran dan tahun baru. Alasan lain adanya perdagangan kambing selalu ramai adalah untuk keperluan pelaksanaan aqiqah yang harus dilaksanakan terhadap tiap-tiap anak umat islam yang baru lahir. Untuk setiap anak yang lahir kaum muslimin akan melaksanakan acara aqiqah dengan memotong kambing satu ekor untuk anak perempuan dan dua ekor untuk anak laki-laki, tentu saja dengan beberapa faktor penentu lainnya seperti jika orang tuanya mampu dan sebagainya.

aqiqah

Begitu pula kambing yang akan di potong untuk keperluan aqiqah harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang sesuai dengan kaidah yang di syariatkan dalam agama islam, seperti tidak buta, tidak kerung, cukup umur dan lain-lain.
Sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan muslim sehingga permintaan kambing untuk aqiqah juga sangat tinggi. Harga kambing aqiqah dibanderol bervariasi sesuai dengan jenis dan ukurannya. Saat ini untuk kambing aqiqah para pegusaha tidak hanya menyediakan kambing hidup untuk dijual melainkan banyak dari para pengusaha kambing aqiqah yang juga menyediakan jasa penyembelihan kambing aqiqah bahkan memasak kambing aqiqah tersebut langsung jadi. Tersedianya jasa ini tentunya sangat membantu para konsumen karena mereka dapat memperoleh kambing untuk aqiqah langsung dalam bentuk yang sudah masak. Untuk harga yang ditetapkan juga bervariasi hanya saja sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan membeli kambing aqiqah dalam keadaan hidup. Jika kambing aqiqah hidup dijual dengan harga berkisar antara Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000 maka harga untuk membeli kambing aqiqah dan termasuk jasa pengolahannya dibanderol hingga mencapai Rp. 2.000.000. umumnya konsumen yang menggunakan jasa ini, daging kambingnya diolah menjadi bentuk rendang atau gulai. Bahkan beberapa penyedia jasa jual beli kambing aqiqah dan kurban termasuk jasa pengolahannya menyediakan paket penjualan yang berbeda-beda sehingga konsumen dapat memilih sendiri paket yang paling sesuai dengan kondisi keuangannya.
Salah satu usaha yang menjual kambing aqiqah termasuk jasa pengolahannya adalah UD Permata, UD Permata merupakan perusahaan yang menjual kambing syariah yaitu untuk keperluan kurban dan aqiqah, perusahaan ini bekerja sama dengan paguyuban ternak sapi dan kambing kemudian menjualnya secara syariah (sesuai dengan ketentuan Islam). UD Permata juga menjual kambing aqiqah termasuk dengan jasa pengolahannya menjadi masakan. Untuk mengambil jasa ini pembeli dapat memilih paket yang disediakan. Kambing aqiqah disini diolah menjadi dua jenis masakan yaitu rendang dan gulai kambing.
Bagi konsumen yang membutuhkan kambing baik untuk keperluan aqiqah, pesta, qurban dan lain lain, kami membantu memuat alamat penjual kambing yang bisa dihubungi bilamana perlu, silahkan dilihat pada postingan berjudul ”Jasa jual beli kambing”

Jelang Hari Raya Idul Adha Harga Kambing Kurban merangkak Naik

Menjelang hari raya idul adha permintaan untuk kambing kurban terus meningkat, hal ini membuat harga kambing kurban juga ikut merangkak naik. Untuk harga kambing kurban sendiri bervariasi sesuai dengan jenisnya. Umumnya harga kambing kurban berbeda dari kota ke kota,  sesuai dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat di kota yang bersangkutan. Untuk harga kambing kurban di Indonesia saat ini berkisar antara Rp. 700.000 sampai dengan Rp. 3.000.000 per ekornya. Jika anda menginginkan membeli kambing dan diantarkan oleh penjual ke kediaman anda harga yang dibandrol tersebut belum termasuk dengan ongkos kirim kambing ke kediaman anda sehingga anda harus membayar biaya tambahan. Harga  tersebut juga bervariasi tergantung dengan jenis kambing yang ingin anda beli untuk dikurbankan. Di Indonesia sendiri setidaknya terdapat 12 jenis kambing dan domba yang  biasa di jadikan kurban. Untuk mencari kambing kurban dengan harga yang sesuai anda dapat membelinya langsung kepada peternak kambing atau dapat juga melalui organisasi atau perusahaan yang khusus menjual kambing untuk kurban ataupun aqiqah. Sangat disarankan memang membeli kambing kurban pada perusahaan ataupun paguyuban yang khusus menjual kambing untuk kurban dan aqiqah sebab perusahaan jenis ini memang hanya menjual kambing untuk keperluan tersebut sehingga dapat dipastikan bahwa kambing yang dijual sudah sesuai dengan kriteria kambing yang digunakan untuk kurban dan aqiqah yaitu sesuai dengan syariat islam. Jika anda berniat melakukan kurban pada lebaran idul adha saat ini maka paling tidak anda harus mengetahui kriteria kambing yang boleh dikurbankan sehingga anda tidak salah membeli kambing dan ibadah kurban yang anda lakukan juga dapat berjalan dengan baik.

Salah satu paguyuban yang menjual kambing untuk kurban dan aqiqah adalah UD Permata. UD Permata sendiri bekerjasama dengan paguyuban ternak sapi dan kambing yang membentuk usaha bersama kambing syariah. UD Permata  ini melayani jual beli kambing untuk keperluan kurban dan aqiqah. Selain itu harga yang ditawarkan di sini juga terbilang terjangkau sehingga sesuai dengan kantong para konsumen

2 thoughts on “Bisnis jual beli kambing aqiqah tawarkan keuntungan bervariasi.

  1. Jual bibit (cempe) Kambing Boer Super bobot bisa mencapai 100 kg, Peranakan Etawa (PE) Ras Gunung Kawi, Jawa Randu, Domba Merino dan Ekor Gemuk untuk diternak kembali atau untuk usaha bisnis penggemukan. Kami juga jual Kambing & Domba siap potong untuk Qurban & Aqiqah. Hub. Bpk Heru Ketua Pusat Budidaya Kambing & Domba Bejo Utomo – Malang – Jawa Timur. Hp/Wa +6281334272800 website kami di http://www.malangkambingdombasuper.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *