sb1m widget

Tips menghindari stress dalam ber investasi

Investasi adalah aktivitas mengalokasikan aset dengan tujuan untuk memperoleh imbal balik yang menguntungkan. Berinvestasi berbeda dengan menabung, tujuan menabung biasanya untuk menyimpan kekayaan atau aset agar tersimpan dengan aman, walaupun dari menabung diperoleh pendapatan berupa bunga tetapi nilainya biasanya sangat kecil dan tidak bisa mengimbangi laju inflasi, sehingga pada akhirnya uang yang disimpan dengan cara menabung secara kalkulasi ekonomi nilainya tidak bertambah. Lain tabungan lain pula investasi, karena investasi itu menjanjikan keuntungan maka konsekwensinya ada faktor resiko yang harus ditanggung, hal ini seringkali menjadikan banyak orang enggan untuk mencoba berinvestasi, bahkan tidak jarang ada investor pemula yang merasa galau dengan investasi yang telah di milikinya. Pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi tips agar calon investor atau investor pemula mantap dan terhindar dari keragu-raguan atas pilihan investasinya baik itu berupa saham, reksadana, obligasi atau unit-link yang saat ini sedang trending.

Dengan berinvestasi jangan malah membebani pikiran, menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan, terlalu takut kehilangan aset, terlalu ambisi ingin meraup untung yang berlebihan, tetapi sebaliknya investasi harus menjadi sarana yang memberikan ketenangan, yakin dengan berinvestasi dapat mengambil manfaat. Berikut ini adalah langkah-langkah yang disarankan;

  1. Investasi yang dipilih harus memiliki sarana unuk memonitor status investasi baik berupa applikasi, website, atau koresponden rutin melalui email. Contohnya pengelola dana investasi PT Danareksa Invesment Management (DIM) mempunyai website yang menyediakan failitas untuk memonitor perkembangan saham dari para investornya, dengan mengakses situs resmi PT DIM, setiap saat investor dapat melihat data yang mereka butuhkan seperti nilai NAB, informasi transaksi dan lain-lain. Gambar di bawah ini memperlihatkan salah satu contoh halaman informasi saham dari PT DIM.

SS portofolio investasi

  1. Investasi yang dipilih harus bisa memiliki Advisor keuangan yang bisa memberikan bimbingan ketika investor menemui kendala. Nama financial advisor biasanya dicantumkan pada email korenspondensi yang dikirimkan oleh pengelola investasi atau pada halaman profile jika pengelola memiliki website resmi. Gambar dibawah ini menunjukkan nama Advisor yang diberi istilah Agent oleh pengelola investasi Prudential

  1. Investasi yang dipilih harus memiliki legalitas transparant dan di akui publik, secara personal admin menyarankan untuk memilih pengelola berinvestasi yang diawasi oleh pengawas keuangan OJK

SS Login investasi

  1. Jangan terpaku pada target, baik target waktu maupun target jumlah, misalnya punya target harus mencapai jumlah tertentu dalam waktu tertentu, hal ini termasuk hal yang bisa memicu sress bahkan tidak mustahil malah mengundang terjangkitnya berbagai penyakit, kalau sudah seperti ini tidak ada lagi gunanya berinvestasi.
  2. Ambil manfaat investasi manakala dibutuhkan. misalnya ketika dana yang diinvestasikan sudah cukup untuk memperbaiki rumah, segera lakukan pelepasan dana invest untuk kebutuhan tersebut, demikian juga untuk keperluan lain, seperti butuh untuk uang pangkal anak kuliah, meskipun tujuan awal invest nya bukan untuk keperluan tersebut tetapi manakala ada peluang untuk menggunakan dana yang kita investasikan, tidak ada salah nya jika mengalihkan dana investasi untuk keperluan itu , ini merupakan salah satu cara agar kita tetap bisa enjoy dengan dunia investasi yang kita jalani, manfaat dengan menempuh langkah ini yaitu seandainya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dengan dana yang kita investasikan , sebagai investor kita sudah mengambil manfaat di awal, sudah pernah menggunakan nya untuk membangun rumah, untuk uang pangkal dan lain lain. Gambar dibawah ini menunjukkan bukti transaksi penarikan dana investasi dari prudential ketika admin memerlukan biaya untuk kuliah si bungsu.

SS withdrawal investasi

Demikian tips yang harus dilakukan investor agar tenang dalam berinvestasi, tentu saja anjuran ini tidak berlaku bagi anda yang sudah merasa puas dengan menaruh uang di bank sebagai tabungan biasa dan tidak pernah terpikir untuk mendapatkan pengembalian lebih dari tingkat inflasi, karena tabungan  memang termasuk simpanan liquid yang mudah di cairkan. Tetapi bila anda ingin memulai berinvestasi admin telah menulis petunjuk langkah-langkah memulai investasi di PT DIM, lihat selengkapnya pada artikel “Cara daftar nasabah PT DIM”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *