Cara daftar menjadi nasabah Danareksa

Investasi saham adalah salah satu pilihan bisnis bagi mereka yang ingin mengembangkan aset yang dimiliki agar bisa berkembang dan membuahkan penghasilan. Seiring dengan kemajuan dunia komunikasi saat ini banyak sekali jenis-jenis investasi yang ditawarkan melalui fasilitas online, tidak jarang pula yang bertujuan kurang baik yaitu dengan menjalankan type bisnis piramida yang dikemas seolah-olah bisnis saham murni, jadi sebaiknya calon pebisnis bisa teliti dan waspada dalam memilih model bisnis yang akan dijalani, termasuk dalam memilih penyelenggara investasi saham.

Salah satu penyelenggara investasi saham yang diketahui berfundamental baik dan cukup populer adalah PT.Danareksa Management Indonesia, tetapi meskipun sudah banyak dikenal oleh masyarakat, banyak orang yang belum tahu bagaimana caranya berinvestasi di PT Dana Reksa.

Oleh karena itu kali ini admin jasaservis  ingin membagikan pengalaman melakukan transaksi jual beli saham di PT Dana Reksa. Adapun tahapan yang harus dilakukan adalah pembukaan akun nasabah, pembelian saham dan yang terakhir yaitu penjualan kembali saham. Setelah mengetahui apa manfaat dan keuntungan memiliki saham  reksa dana mari kita mulai langkah-langkah  cara membuat akun di PT Dana Reksa.

Buka situs PT Dana Reksa  https://reksadana(dot)danareksaonline(dot)com lalu klik  ‘Enter’, maka akan muncul halaman utama situs danareksa seperti tampak pada gambar dibawah ini:

Lalu klik ‘Registrasi Nasabah’ anda akan dibawa ke halaman registrasi seperti tampak pada gambar dibawah:

Yang harus dilakukan disini yaitu memberi tanda pada pilihan Type investor, sebaiknya pilih investor retail (tebalkan tombol di sebelah kiri tulisan ‘investor retail’) kemudian pada pilihan Type Nasabah tebalkan tombol untuk  Nasabah baru, kemudian klik ‘selanjutnya’ maka akan muncul pada layar penjelasan mengenai  syarat dan ketentuan penggunaan fasilitas online dana reksa, silahkan baca dengan seksama. Setelah memahami syarat dan ketentuan tersebut lalu tebalkan tombol bulat disamping tulisan ‘Saya Setuju’ dilanjutkan dengan klik tulisan ‘Selanjutnya’.

Memberi tanda centang pada bulatan disisi ‘saya setuju’ sangat penting, karena kalau lupa untuk melakukannya proses pendaftaran tidak bisa dilanjutkan. Jika semua langkah tersebut diatas sudah diikuti dengan benar layar akan menampilkan formulir isian yang harus dilengkapi, modelnya seperti tampak pada gambar dibawah ini;

Pada bagian bawah formulir registerasi ada pilihan jenis rekening yang dibuka. Ada tiga tombol yang bisa ditebalkan untuk memilih jenis rekening tersebut yaitu  disisi tulisan Lumpsum, disisi tulisan Reguler dan disisi tulisan  Lumpsum &Reguler.

 

Penjelasannya sebagai berikut:

  1. Rekening Lumpsum adalah rekening untuk nasabah yang mau investasi dengan cara fleksibel, jadi proses pembelian saham maupun penjualan kembali saham bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan kebutuhan.
  2. Rekening Reguler, jika memilih rekening ini maka yang dimaksud adalah pembukaan rekening untuk program Investasi Masa Depan, dimana pembelian saham dilakukan secara berkala dengan otomatis mendebet dari rekening milik nasabah.
  3. Rekening Lumpsum & Reguler, sesuai dengan namanya dengan rekening jenis ini nasabah dapat melakukan dua model transaksi yaitu  lumpsum dan regular pada satu akun.

Disarankan sebaiknya memilih rekening jenis Lumpsum&Reguler karena meskipun pada awalnya nasabah belum berminat untuk membeli saham reguler jika sudah punya rekening jenis ini suatu saat jika ingin membeli yang regular tidak harus repot membuat akun baru lagi.

Setelah melakukan pemilihan jenis rekening yang akan dibuka lalu isi formulir pembukaan rekening yang ada di layar dengan data-data yang sebenar-benarnya, lihat contoh formulir pada gambar  dibawah ini untuk registerasi rekening lumpsum

Gambar dibawah menunjukkan Registerasi rekening Reguler

Setelah selesai mengisi data-data pada formulir pendaftaran tersebut klik ‘Selanjutnya’ maka layar akan menampilkan formulir yang sudah berisi data-data yang kita isikan, periksa data tersebut sekali lagi, karena pada tahap ini jika ada kesalahan masih dapat dilakukan perbaikan.
Apabila sudah yakin bahwa semua data yang tertera pada formulir tidak ada kesalahan lalu klik ‘Selanjutnya’
Kali ini pada  layar akan tampil halaman profile resiko yang isinya berupa pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur sejauh mana kesediaan calon nasabah dalam menghadapi resiko investasi yang mungkin timbul.

Lihat halaman profile pada gambar dibawah ini

Disarankan calon nasabah untuk menjawab setiap pertanyaan dalam profile resiko dengan jawaban yang sejujur-jujurnya, karena jawaban tersebut menjadi parameter dalam menilai karakter calon nasabah dalam berinvestasi. Kemudian sistem akan memberikan rekomendasi jenis saham type apa yang sesuai untuk dimiliki nasabah yang bersangkutan.

Contoh saham yang disarankan diperlihatkan pada gambar dibawah ini

Setelah selesai membaca dan memahami saran tentang saham yang sebaiknya dipilih klik tombol ‘Selanjutnya’ lalu klik tombol ‘Simpan’

Sampai disini tahapan pembukaan akun  yang harus dilakukan dengan komputer sudah selesai, untuk selanjutnya tinggal menunggu  email dari PT Danareksa,  isi email itu berupa ucapan selamat datang serta lampiran-lampiran yang harus di print untuk kemudian dikirimkan balik ke PT Dana Reksa.
Ikuti petunjuk sebagaimana dijelaskan dalam email, yaitu menandatangani formulir dan mengirimkan dokumen sebagaimana diminta, yaitu fotocopy KTP atau SIM atau Pasport, fotocopy NPWP dan fotocopy buku tabungan bank.

Kirimkan semua document tersebut ke alamat ini:
PT Danareksa Investment Management
UP. Reksadana Online
Jl. Merdeka Selatan No. 14
Jakarta 10110

Bila permohonan akun di setujui maka PT Danareksa akan mengirimkan user name dan password untuk login ke situs PT Danareksa Investment Management (DIM), ketika kita sudah bisa login berarti sudah bisa melakukan pembelian saham. Langkah-langkah pembelian saham danareksa dapat dibaca pada artikel “Cara membeli saham danareksa dengan clickpay bank mandiri”




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *