Cara pemasangan kabel ladder dan kabel tray

Kabel tray adalah komponen yang gunanya untuk menopang kabel agar tertata dengan rapih, kuat dan terlindung dari faktor lingkungan yang dapat merusak, seperti debu dan kotoran, panas matahari, kejatuhan bahan kimia membahayakan, efek panas dari steam dan sejenisnya. Kita akan mulai dengan merunut sebuah kabel instrument yang dipasang di pabrik industri. Kabel tersebut adalah multicores kabel type armor yang ditarik dari lapangan sampai ke cabinet yang ada di ruang control.
Dari junction box, kabel mulai disalurkan melalui kabel ladder hingga berakhir di satu titik dimana kabel akan disalurkan melalui trench dibawah permukaan tanah (underground), jalur kabel bawah tanah ini bisa berjarak ratusan meter, karena ruang control biasanya terletak di zona aman jauh dari plant. Kabel trench adalah bunker yang dibuat memanjang yang pada bagian bawah dan sisi kanan kirinya di beri dinding beton seperti terlihat pada gambar dibawah;

kabel trench

Kabel dari lapangan ditarik terus sampai di bangunan ruang kontrol, ketika sudah berada di bagian luar ruang kontrol, kabel dari trench akan di munculkan ke permukaan, kemudian di masukkan ke bagian dalam ruangan melewati dinding yang sudah dipersiapkan lobang-lobang sebagai jalan untuk masuknya kabel, lobang ini pada saatnya akan ditutup dengan material yang disebut foam compound sejenis pasta yang akan mengeras ketika dibiarkan di udara terbuka. Pemakaian foam ini akan menutup rapat rongga lobang sehinga antara bagian luar bangunan dan bagian dalam tertutup rapat,untuk mencegah agar tidak ada binatang seperti tikus atau ular yang mungkin masuk ke ruang cabinet.

seal kabel bawah tanah

 

Di zona dekat lobang untuk masuk masing-masing kabel diberi identifikasi untuk keperluan masa mendatang, identifikasi tersebut berupa label metal yang diberi nama dengan gravier , biasanya berbahan stainless steel dan diikat dengan kabel ties yang juga berbahan metal, setelah seluruh kabel ditarik baru dilakukan penguburan. Lapisan pertama adalah pasir kemudian batako berlabel kemudian tanah. Dibawah ini adalah contoh bata berlabel yang dipakai untuk menandai jalur kabel bawah tanah.

bata berlabel danger

Kabel yang sudah masuk ke ruang kotrol kemudian akan di susun diatas kabel tray, kabel ditarik terus sampai ke kabinet dimana terminasi tiap-tiap wire akan dilakukan. Jadi susunan pemasangan tersebut kurang lebih seperti demikian ini, junction box—-kabel ladder—–trench bawah tanah————— lobang dinding ——kabel ladder——cabinet.
Ruang cabinet atau biasa juga disebut ruang marshalling rack biasanya didesain sedemikian rupa sehingga di bagian bawahnya tersedia ruang untuk memasang tray dan menyusun kabel-kabel. Demikian juga lantai pada ruang cabinet ini didesain khusus yaitu berupa lantai yang bisa di buka dan dipasang kembali (lifted tile). Pemasangan kabel lader diruang cabinet adalah seperti tampak pada gambar dibawah ini, support dipasang ke lantai kemudian strut bar dipasang ke support, lalu ladder ditumpangkan di atas strut.

kabel lader di dalam marshalling

Kabel multicore terhubung dari cabinet marshalling ke junction box, sedangkan dari junction box ke tiap-tiap instrument dipergunakan kabel single pairs yang didalamnya terdiri dari 2 core dan 1 shielded serta terpelintir satu dengan yang lain (twisted) baca manfaat twisted kabel pada tulisan ”Mengenal jenis kabel untuk signal instrumentation”. Untuk menopang kabel single pairs ini sudah barang tentu dibutuhkan pula penunjang yang disebut cable tray, bahkan kabel tray untuk zona ini sangat banyak variasinya baik dari segi model maupun ukurannya.

Macam-macam model cabel tray dan assesoriesnya.

kabel tray yang ada sambungannya

Fitting yaitu komponen untuk menyambung kabel tray yang berbeda ukuran atau menyambung kabel tray dengan tray lain yang arahnya tidak lurus atau berbelok, atau penyambungan dengan sistim percabanangan , gambar dibawah ini menunjukkan salah satu contoh fitting yaitu untuk menyambungkan 4 tray , fitting model ini disebut cross fitting.

fitting cross

Untuk menyambungkan antar kabel tray diperlukan komponen yang disebut slice plate dan untuk mengencangkannya dipakai baud yang biasa disebut slice hardware, lihat gambar slice plate dan slice hardware dibawah ini;

sambungan kabel tray
Slice Plate

Gambar dibawah ini adalah baud untuk mengencangkan sambungan antar tray yang di sambungkan menggunakan Slice plate

baud kabel tray
Slice hardware

Untuk mengoptimalkan fungsi kabel tray yaitu sebagai pelindung dari gangguan sekitar tempatnya seperti kotoran, hujan , sengatan matahari, cairan kimia dan lain lain maka dipasanglah tutup kabel tray, ukuran daripada tutup tray menyesuaikan dengan ukuran traynya, gambar dibawah menunjukkan beberapa model tutup kabel tray;

kabel tray cover

Aturan pemasangan.
Faktor penting dari kabel tray yang harus diperhatikan adalah kapasitas tray versus load kabel, bukan hanya jumlah kabel yang harus diperhitungkan melainkan berat kabel menjadi prioritas untuk dipertimbangkan. Faktor eksternal lainnya yang berpengaruh pada kekuatan dan reliability kabel tray adalah, tiang penyangga, beam, pengelasan, dinding, gantungan, assesories, pekerja yang terlibat pemasangan dan lain-lain. Simak berikut ini beberapa aturan penting yang berlaku secara umum pada pemasangan kabel tray.
1. Tray atau ladder tidak boleh dipasang menghalangi akses ke equipment misalnya akses ke tangga, ke pintu, ke man hole.
2. Tray atau ledder tidak boleh di pasang pada vessel bergerak seperti silo dengsn timbangan sehingga mengakibatkan gerk silo terhambat.
3. Bila dipasang tumpuk maka diantara keduanya, antara tray atas dengan tray bawah minimal berjarak 30 cm.
4. Tray tidak boleh dipasang pada zona mudah terbakar, kecuali mempunyai specifikasi fire prove atau fire retardan.
5. Pengerjaan pemasangan harus dilakukan oleh tenaga yang berpengalaman dan paham tentang peraturan safety dan kelistrikan.
6. Kabel rray untuk kabel power harus dipisahkan dari kabel tray untuk kabel signal.
7. Peraturan international tentang petunjuk praktis pemasangan kabel tray ada dalam aturan NEMA VE 2 Mengenai design diterangkan dalam peraturan NEC article 392, NEMA VE 1, and NEMA FG 1. Mengenai petunjuk keamanan bekerja dalam pemasangan kabel tray diterangkan pada buku petunjuk safety NFPA 70E.

Demikian artikel mengenai kabel tray dan assesories, semoga bermanfaat

2 thoughts on “Cara pemasangan kabel ladder dan kabel tray

  1. wah saya pikir kabel tray itu hanya untuk asesoris ruangan terutama di gedung2 baru. apakah kabel tray seperti ini dapat digunakan juga di rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *