Cara Mengatasi Pipa AC Berbunga Es

AC rumah kadang-kadang menjadi kurang dingin karena ada bunga es pada pipanya. Bagaimana cara mengatasi pipa AC berbunga es akan di jelaskan pada artikel ini . Ada dua tipe masalah bunga es pada pipa AC yaitu apabila bunga es terjadi pada pipa yang besar atau pipa hisap biasanya disebabkan karena terjadi penyumbatan pada sirkuit freon, sedang untuk kasus bunga es terjadi pada pipa kecil atau pipa tekan biasanya disebabkan karena berkurangnya freon bahkan freon habis. Efek yang menyertai masalah bunga es pada AC adalah daya kerja AC jadi menurun, kemampuan AC dalam mendinginkan ruangan tidak bisa optimal sebagaimana AC yang tidak bermasalah.

Kasus adanya bunga es di pipa besar selalu di sertai dengan adanya es di bagian indoor seperti diperlihatkan  pada gambar dibawah ini;

Cara Mengatasi Pipa AC Berbunga Es

Langkah selanjutnya kita akan memflushing sirkuit freon agar mampat yang diperkirakan ada di bagian evaporator menjadi lancar kembali, dugaan adanya sirkuit freon yang mampet juga ditandai dengan turunnya tekanan freon dalam sirkuit, biasanya turun hingga 20 PSI. Karena dalam kasus ini mampat nya hanya sebagian maka adanya es pada bagian pipa besar tidak serta merta terbentuk ketika AC dinyalakan, melainkan es akan muncul setelah AC dinyalakan agak lama,oleh karena itu untuk meyakinkan bahwa problem disebabkan oleh sirkulasi freon yang mampet maka AC perlu di hidupkan dulu untuk waktu yang lama yaitu lebih dari 12 jam.

Berikut ini akan di uraikan langkah-langkah melakukan flushing sirkuit freon untuk mengatasi masalah bunga es pada pipa hisap.

Pertama-tama kita harus mengosongkan freon yang ada di sirkuit dan mengumpulkannya didalam kompressor, caranya tutup keran daripada pipa kecil, seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Pipa AC Berbunga Es

Hidupkan AC sementara keran pipa besar tetap terbuka, lakukan keadaan ini selama 30 detik, setelah itu matikan AC disusul dengan langkah menutup keran dari pipa besar.

Dengan melakukan cara diatas, seluruh freon sudah ada di compressor, langkah berikutnya kita akan flushing sirkuit yang sudah kosong dengan freon fresh dari tabung freon. Buka pipa kecil dari nozzlenya, kemudian pasangkan selang dari tabung ke nozzle pipa besar. Ketika tabung freon di buka maka freon akan mengalir ke sirkuit, melewati evaporator lalu keluar dari pipa kecil. Lakukan langkah tekanan kejut agar bagian yang mampat dapat mencair dan lancar aliran freonnya, caranya tutup pipa kecil dengan tangan sampai terasa tekanan tidak bisa ditahan lagi lalu lepaskan tangan dengan cepat, lakukan langkah tutup buka pipa dengan tangan ini sampai beberapa kali, amati hingga terasa aliran freon lancar dan tidak terhambat lagi.

Langkah selanjutnya adalah mengembalikan seluruh sambungan pipa sebagaimana kondisi semestinya, lalu hidupkan AC untuk mengamati keadaan AC setelah flushing, biasanya masalah pipa berbunga es akan hilang dan AC akan bekerja normal kembali.

Jika ternyata masalah yang di temui berbeda daripada penjelasan diatas ada baiknya di kosultasikan dengan ahli AC, beberapa alamat jasa AC dapat ditemukan disini.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *