sb1m widget

Tips merawat AC split

AC split adalah AC yang terdiri dari dua bagian dipisahkan yaitu bagian evaporator yang dipasang di dalam ruangan dan bagian condenser yang dipasang di luar ruangan. Condenser terdiri dari beberapa bagian penting diantaranya, compressor, kipas atau baling-baling dan kisi-kisi atau koil. Sedang pada evaporator terdapat perangkat sebagai berikut; kisi-kisi, temperature sensor, valve expansi, dan sirkuit elektronik.

Evaporator bekerja sebagaimana heat exchanger, dibagian ini refrigerant di expansi sehingga panas di sekitarnya diserap agar dapat memberi efek sejuk, udara disekitar ruang yang mendapat hembusan angin dari AC akhirnya menjadi sejuk. AC split untuk rumah biasanya type Forced Convection dimana cara kerjanya dengan menggunakan pompa agar refrigerant melewati evaporator. Proses expansi secara sederhananya digambarkan sebagaimana angin di dalam ban yang bertekanan dikeluarkan ke atmosfer dengan cepat, gejala ini akan menimbulkan udara yang keluar menjadi dingin karena terjadinya perubahan dari kondisi bertekanan ke kondisi tidak bertekanan.

Fungsi daripada condenser adalah untuk membuang panas yang dibawa dari dalam ruangan dengan meniup kisi-kisi oleh baling-baling AC. Oleh karena itu kisi-kisi harus terjaga dari benda-benda yang mungkin menghalangi lalu lintas udara. Bersihkan selalu kisi-kisi bila perlu dengan menyemprotkan air ke bagian kisi-kisi.

Untuk menjaga agar kerja AC tetap optimal maka harus dilakukan pemeliharaan rutin, memang untuk pemeliharaan menyeluruh sebaiknya dilakukan oleh tukang AC tetapi ada langkah-langkah pemeliharaan ringan yang bisa dilakukan personal oleh pemilik AC dengan tujuan agar kehandalan AC bisa lebih tahan lama. Beberapa langkah pemeliharaan yang dapat dilakukan sendiri yaitu;

Mencuci filter evaporator.
Buka tutup filter lihat gambar, lalu lepaskan filter dari evaporator, cuci filter dengan detergen hingga bersih, lalu dikeringkan , pasang kembali filter ke evaporator setelah betul-betul kering.

Mencuci kisi-kisi evaporator.
Untuk bagian kisi-kisi evaporator karena letaknya di dalam ruangan sebaiknya dilakukan persiapan dulu sebelum mulai membersihkan. Pindahkan mebel atau hiasan dinding yang letaknya dekat dengan AC agar tidak kena cipratan air yang akan disemprotkan ke bagian kisi-kisi. Siapkan plastik, baskom penampung air dan tabung penyemprot. Plasti di tempelkan ke dinding dibawah evaporator untuk melindungi tembok dari cipratan, bagian ujung bawah daripada plastik di tujukan ke dalam baskom penampung air. Isi tabung semprot dengan air bersih. Semprot seluruh bagian kisi-kisi hingga tampak bersih jika perlu pakai kuas cat untuk menyapu kotoran -kotoran yang melekat pada kisi-kisi. Setelah Nampak bersih lepaskan plastik lalu bersihkan bagian dinding tembok yang mungkin kotor terkena oleh cipratan air.

Semprotan AC
Gb 1. Semprotan AC

Mencuci kisi-kisi condenser AC split
Lakukan langkah-langkah sebagaimana membersihkan evaporator hanya dalam hal ini tidak perlu memasang plastic pelindung dinding karena letak condenser biasanya di luar ruangan, tetapi tetap kebersihan sekitar perlu diperhatikan, jika ada cipratan yang menyebabkan bagian dinding menjadi kotor maka harus di lap hingga bersih kembali.
Dengan melakukan perawatan seperti di atas AC akan lebih awet daripada dibiarkan tanpa perawatan. Sebenarnya sekarang tidak susah jika tidak sempat untuk merawat sendiri, kita bisa menggunakan jasa servis AC untuk melakukan perawatan AC yang kita miliki. Bagi pembaca yang membutuhkan tukang AC silahkan temukan alamat jasa servis AC pada artikel “Jasa servis kulkas” Dianjurkan juga supaya mengganti baterai remot AC secara berkala, karena kalau baterai sampai bocor di dalam akan merusak remote itu sendiri, jadi sebelum batere remote mengalami kebocoran sebaiknya segera diganti.
Solusi menghemat listrik AC
Ada perangkat yang bisa digunakan untuk menghemat listrik AC, alat tersebut bekerja dengan prinsip mendeteksi gerakan,
Dengan memasang sensor gerak, kalau di ruangan dimana AC terpasang tidak ada orang maka sensor akan memerintahkan AC untuk berhenti bekerja, oleh karena itulah alat ini bisa mengurangi konsumsi listrik.

sensor gerak AC
Gb 2. Motion Sensor

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *