Ranjang Springbed

Sebuah springbed biasanya di tempatkan pada satu komponen penyangga yang terbuat dari kayu atau dari besi. Sudah sejak dulu orang mengenal komponen penyangga kasur atau spring bed ini, dilihat dari model dan gayanya penyangga kasur atau springbed dari waktu ke waktu terus di produksi dengan model yang terus dikembangkan, mulai dari model klasik hingga model modern, tetapi berdasarkan fungsinya jenis penyangga kasur ini di bagi kedalam beberapa jenis saja yaitu:
1. Ranjang Compact ( Dipan)
Sudah lama orang mengenal tempat springbed yang disebut dipan, ada yang ditambahkan sandaran dan kaki-kaki untuk memberi kesan indah tetapi ada juga yang hanya berupa kotak atau frame, pilihan ini biasanya disesuaikan dengan keadaan ruangannya, di apartment yang notabene kamar tidurnya berlokasi di gedung bertingkat tinggi, orang lebih suka memilih ranjang tanpa kaki bahkan di rumah susun yang sekarang banyak dibangun dinegara kita, pemakaian ranjang tanpa kaki ini menjadi trend. Logikanya penyangga springbed yang dibuat tanpa sandaran dan tanpa kaki berarti mengurangi biaya produksi sehingga harga jadi bisa dikurangi tetapi tidak mengurangi fungsi.
2. Ranjang Berkaki
Ranjang berkaki atau dalam istilah internationalnya di sebut Bed platform yaitu ranjang yang sudah dikenal sejak lama tetapi sekarang ini desainnya menjadi lebih bervariasi, warna dan model dikreasikan oleh perancang ruangan agar sesuai dengan dekorasi ruang, hal ini terutama diterapkan di kamar-kamar hotel berbintang. Untuk pemakaian di perumahan ranjang type platform juga banyak disukai. Dalam perkembangannya sekarang ruang kosong dibawah ranjang juga dimanfaatkan untuk menempatkan laci-laci atau kotak penyimpan barang lain. Lebih modern lagi pada ruang bawah ranjang orang menempatkan tempat tidur beroda, tempat tidur tambahan yang ditarik keluar dan dibesarkan untuk dipakai bila ada tamu.
3. Ranjang untuk rumah sakit
Ranjang yang dipergunakan di rumah sakit biasanya terbuat dari besi yang kokoh yang dirancang khusus untuk kemudahan dalam pemakaian, desain khusus yang dimaksud diantaranya bisa di gerakkan naik turun, bisa di lipat, diberi tambahan untuk menggantungkan botol infus, dan di beri roda agar mudah digeserkan.
Dibawah ini bisa kita lihat salah satu contoh ranjang rumah sakit:

ranjang rumah sakit
Gb ranjang rumah sakit

Selain ranjangnya springbed yang biasa dipergunakan di rumah sakit juga memiliki persyaratan tertentu, dari pengamatan kami jasaservis.net kasur atau matras yang dipakai dirumah sakit umumnya terbuat dari bahan katun yang bagus dan busa urethane dengan diberi mata itik untuk ventilasi. Penutup kasur terbuat dari vinyl anti air agar mudah dibersihkan serta anti bakteri untuk mencegah penularan penyakit pasien.
Contoh kasur untuk rumah sakit bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

springbed rumah sakit
Gb. springbed rumah sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *