sb1m widget

Mengenal mesin grafir laser sebagai alat pengembangan usaha

Akrilik adalah bahan dasar kerajinan tangan yang dapat dibentuk menjadi berbagai produk mulai dari pernak-pernik dengan ukuran kecil hingga papan iklan yang berukuran besar. Seiring dengan kemajuan teknologi sekarang ini banyak diproduksi peralatan yang mendukung pengerjaan material berbahan akrilik, salah satu diantaranya adalah  mesin grafir laser. Dengan mesin grafir laser banyak barang yang bisa dihasilkan, untuk kemudian dijual dan dijadikan sebagai usaha yang menguntungkan, beberapa produk yang dapat dihasilkan oleh mesin grafir laser diantaranya; gantungan kunci, logo perusahaan, album foto, gelas berukir, foto kenangan di atas marmer, papan nama kayu,  papan nama akrilik, miniatur mainan, dan banyak produk lainnya.

grafir akrilik
Gantungan Kunci Akrilik Grafir

Dengan metode laser hasil ukiran dan pemotongan material menjadi benar-benar presisi karena pengerjaan ukiran pada objek dilakukan dengan  sistim komputerisasi, bagi mereka yang terbiasa menggunakan aplikasi desain grafis, menjalankan bisnis ini menjadi sangat mudah, karena sesungguhnya kurang lebih 90% dari bisnis ini kuncinya ada pada desain.

Secara umum langkah-langkah penggunaan mesin grafir adalah sebagai berikut;

Dimulai dengan membuat gambar atau scan gambar ke komputer, lalu gambar tersebut di import ke program desain grafis bawaan mesin. Kemudian dilakukan pengaturan agar ukuran gambar sesuai dengan objek yang akan di grafir. Pilih MENU pada mesin untuk memulai pengerjaan mengukir, maka mesin secara otomatis akan menorehkan sinar lasernya hingga objek terbentuk sebagaimana gambar yang disetel pada program mesin. Sangat-sangat mudah bukan?

grafir laser
Mesin Grafir Laser

Papan nama merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh mesin grafir. Penggunaan papan nama tentu saja sangat penting sebagai bagian dari promosi produk, promosi penyedia jasa maupun promosi perusahaan, oleh karena itu penyedia jasa papan nama masih merupakan jenis usaha yang banyak konsumennya.

Berikut ini beberapa diantara keuntungan menggunakan papan nama berbahan akrilik;

  • Tahan lama
  • Mudah dibersihkan
  • Memiliki nilai estetika
  • Ideal untuk outdoor maupun indoor
  • Berbahan ringan dan pengerjaannya mudah.
 grafir akrilik
Papan nama akrilik

Selain untuk material berbahan baku akrilik mesin grafir juga bisa diaplikasikan untuk membuat produk berbahan baku lain diantaranya

Material Kertas
Dengan material kertas mesin grafir dapat menghasilkan produk seperti album foto, company profile, kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan, bingkai foto dan lain-lain.

Material karet dan kulit
Banyak produk dari bahan-bahan ini yang membutuhkan mesin grafir seperti diantaranya; produk jaket, pakaian, tas, ikat pinggang, gantungan kunci, perhiasan, dan masih banyak lagi produk lainnya yang dicari konsumen.

Mateial kaca
Bahan kaca dapat dijadikan produk menarik dengan sentuhan mesin grafir mulai dari produk kaca berukuran besar untuk diletakan pada interior yang luas, sampai kaca yang berukuran kecil  sebagai pajangan semisalnya foto keluarga dan lainnya.

Material kayu dan melamin
Bahan ini dapat dijadikan berbagai produk grafir,  seperti  produk untuk papan pengumuman,  kaligrafi, menu rumah makan dan lain-lain

Material alam
Ada banyak jenis material alam, seperti batu-batuan, kerang,  keramik, dan jenis batuan alam lainnya yang dapat dibentuk menjadi produk yang laku dijual dengan sentuhan mesin grafir.

Dari penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa usaha menjual produk grafir bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.  Apabila belum ada modal untuk memiliki mesin sendiri, sistim maklon ke penyedia jasa grafir yang sudah ada bisa merupakan pilihan untuk menjalankan usaha ini, yaitu dengan bertindak sebagai sales dulu  dengan memasarkan produk dari pemilik atau penyedia jasa grafir yang sudah berjalan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *