Mengenal 3-way control valve

3 Way control valve secara harfiah dapat diartikan sebagai keran tiga sisi, tetapi dalam tulisan ini tetap akan dipakai istilah 3way valve.  Istilah 3way diambil dari konstruksi bodynya dimana valve ini memiliki tiga sisi yang harus terhubung ke aliran proses. Adapun model trim nya atau plug nya yang dipakai pada 3way valve pada umumnya adalah plug type globe. Karena koneksi pada body valve terdiri dari 3 sisi maka fungsi daripada valve ini bukan hanya untuk menutup dan membuka aliran melainkan didesain agar bisa membagi media yang datang dari satu sisi kemudian keluar pada dua sisi , atau sebagai perangkat pencampur aliran yang datang dari dua sisi kemudian keluar pada satu sisi. Jadi 3way valve memiliki dua fungsi  yaitu sebagai pencampur (konvergen) atau sebagai pemisah (divergen).

Perhatikan gambar dibawah ini yang memperlihatkan bagian dalam body daripada dua jenis 3 way valve yaitu valve type pembagi dan valve type pencampur, nampak keduanya  memiliki  penampakan sama kalau  dilihat bagian luar bodynya, tetapi konstruksi bagian dalamnya tidaklah sama , demikian juga dengan model trim atau plug nya tampak keduanya berbeda sekali. Oleh Karena pada saat pembelian harus disebutkan 3 way valve type apakah yang hendak dibeli, jangan sampai terjadi kesalahan pemesanan karena kesalahan dalam memilih jenis valve yang berbeda dapat menimbulkan dampak yang membahayakan.

 

Contoh pemakaian 3 way valve

Dalam pengoperasian mesin diesel ada satu bagian proses yang disebut proses pendingin mesin atau proses jacketing maksud nya agar bagian mesin yang terkena panas tidak ekspansi secara ekstrim.

Media yang dipakai sebagai pendingin adalah udara, yaitu udara yang dilewatkan pada coolant exchanger, untuk memperoleh kondisi suhu yang diinginkan  maka dipasanglah 3 way valve, gunanya tiada lain untuk mengatur  aliran udara agar mengalir langsung pada mesin atau melalui coolant exchanger.

Perhatikan ilustrasinya pada gambar dibawah ini;

 

Contoh lain pemakaian 3way valve.  Pada sistim sirkuit suplai pelumas untuk lubrikasi mesin seperti pompa dan compressor,  ada bagian pendingin pelumas  berupa cooling water, jika suhu pelumas atau oli yang akan masuk ke mesin lebih dari  batas yang ditentukan maka valve akan membuka agar sebelum masuk ke mesin oli yng berasal dari jalur langsung bercampur terlebih dahulu dengan oli yang mengalir melalui cooler, lihat ilustrasinya pada gambar dibawah ini;

Demikian penjelasan mengenai fungsi dan manfaat 3-way valve. Pada umumnya valve ini di pergunakan pada proses pengendai suhu. Bila anda menemui masalah dengan control valve sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya, beberapa alamat ahli servis valave dapat di temui pada artikel “jasa servis valve dan control valve”

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *