Apa yang dimaksud investasi unit-link

Pada artikel kali ini admin ingin berbagi pengalaman berinvestasi saham dalam bentuk  Unit Link. Tapi sebelumnya perlu diberitahukan  terlebih dahulu bahwa apa yang tertuang dalam artikel ini  bukanlah bagian dari promosi produk tertentu. Jadi mohon agar tulisan ini tidak dijadikan sebagai dasar  dalam mengambil keputusan. Artikel ini hanya sebatas media informasi bagi audiens yang ingin mengetahui apakah yang dimaksud investasi  Unit Link. Bagi yang pernah mengalami pengalaman yang berbeda, baik berbeda dalam hal positif maupun sebaliknya mohon untuk tidak mendiskreditkan konten tulisan ini, atau silahkan  share pengalamannya dengan mengirimkan komentar pada  kolom komentar yang tersedia  di akhir artikel ini.

Unit link adalah model investasi yang mengacu pada regulasi reksadana, jadi apa-apa yang berlaku pada reksadana maka berlaku pula pada unit link , peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan, istilah-istilah,  seperti unit penyertaan, manager investasi , bank custodian, nilai aktiva bersih dan lain-lain. Adapun perbedaan yang mendasar daripada produk unit link dibandingkan dengan reksadana biasa yaitu  dalam hal pemasarannya, unit link pemasarannya dipadukan  dengan paket asuransi, jadi untuk bisa memiliki unit penyertaan yang berupa unit-link, pembeli harus menjadi peserta asuransi,  pembeli akan mendapat satu polis asuransi tetapi dana yang disetorkannya tidak sepenuhnya untuk pembayaran premi asuransi, melainkan juga untuk pembelian saham unit-link ( itulah makanya dinamakan unit-link, kan link itu artinya mengikat). Banyak yang bertanya kenapa harus dikombinasikan dengan asuransi, sebenarnya pertanyaan ini kurang pas karena yang terjadi sebenarnya justru sebaliknya, asuransi yang dikombinasikan dengan saham unit-link,  tentu saja hal ini dimaksudkan untuk tujuan tertentu, yaitu agar pihak asuransi memperoleh lebih banyak  konsumen.

Gambar dibawah ini memperlihatkan perincian  setoran rutin  dari nasabah yang  dialokasikan untuk pembayaran premi sebagian dan sebagiannya untuk pembelian unit link, selain itu tentu saja ada juga biaya administrasi untuk pengelola, ini contoh untuk peserta yang akad nya melakukan pembayaran bulanan karena pembayaran premi bisa juga dibayar tahunan.

Manfaat bagi nasabah yang membeli asuransi plus unit-link diantaranya;

  • Nasabah mendapat perlindungan sesuai dengan jenis asuransi yang dipilihnya.
  • Nasabah memperoleh keuntungan finansial karena adanya kenaikan NAB.
  • Bagi yang tidak bisa disiplin dalam pengaturan keuangan, menjadi nasabah asuransi plus investasi unit link akan membantu ketertibannya dalam membayar premi sekaligus membeli saham secara rutin.

Dari pengalaman nasabah yang sudah lebih dari 10 tahun menjadi peserta asuransi syariah Prulink ( nama  unit link keluaran prudential) beliau menerangkan bahwa setelah melewati 10 tahun, pembayaran premi bisa dihentikan dengan mengajukan permohonan cuti bayar premi, selama kurun waktu tidak membayar tersebut secara otomatis dana yang tersimpan sebagai unit-link akan dipakai untuk membayar premi. Apakah tindakan ini akan merugikan? Jawabnya bisa iya bisa tidak karena tergantung pada harga NAB. Jika harga NAB tetap saja maksudnya tidak ada kenaikan maka simpanan dana investasi tidak akan berkurang meskipun dipotong terus untuk membayar premi lain, halnya jika harga NAB menurun, tetapi meskipun demikian berdasarkan pengalaman dana tidak akan sampai habis, dibawah ini tabel  ilustrasi yang menggambarkan pembayaran premi tidak dilakukan lagi setelah masa 10 tahun aktif melakukan pembayaran rutin serta tidak pernah mengambil sebagian dari dana yang di investasikan.

Ini salah satu kelebihan unit-link dibandingkan dengan reksadana biasa, bisa cuti dari membayar premi karena premi dibayar dari dana investasi, sehingga manfaat perlindungan tetap berlanjut.

Hanya sayangnya pengelola unit-link belum ada yang membuat fasilitas pendaftaran nasabah baru secara online,  melainkan harus melalui kantor asuransi yang bersangkutan atau melalui agen-agen yang ditunjuk, agen ini bertindak sebagai pemasar  atau sering juga disebut sebagai Finance Advisor yang menjadi mediator antara nasabah baru dengan pihak pengelola unit-link.

Demikian penjelasan mengenai asuransi plus unit-link sebatas yang kami tahu, semoga bermanfaat.




2 thoughts on “Apa yang dimaksud investasi unit-link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *