Fungsi capacitor pada kulkas dan AC

Salah satu komponen yang sering ditemukan menjadi penyebab masalah pada alat rumah tangga bermotor seperti kulkas, freezer, mesin cuci, AC dan lain-lain adalah komponen elektronik yang disebut kapasitor (capacitor). Dalam artikel ini akan tetap ditulis capacitor.

Komponen capacitor berfungsi untuk menyimpan energi listrik pada sementara waktu. Pada rangkaian listrik alat rumah tangga bermotor biasanya  capacitor yang dipakai adalah capacitor AC, komponen ini tersusun atas dua buah kepingan pada dua sisi yang ditengahnya dipisahkan oleh material insulator atau disebut material dielektrik. Dengan komposisi seperti demikian capacitor dapat menyimpan muatan electron. Sebagaimana kita ketahui dalam rangkaian listrik AC, tegangan dan arus selalu berubah-ubah arah pergerakannya, sedangkan pergerakan electron tetap ke satu arah oleh karena itu maka electron cenderung untuk mengisi salah satu keping daripada capacitor, sehingga pada suatu ketika muatan pada keping capasitor tersebut menjadi lebih besar daripada  muatan pada sumber tegangannya, pada kondisi seperti ini keping yang penuh dengan muatan listrik itu dapat melepaskan muatannya melalui rangkaian dan mengalir ke keping di sisi yang berlawanan, siklus ini akan berlanjut terus mengikuti siklus aliran listrik yang sedang berjalan. Silahkan perhatikan ilustrasi keterangan di atas pada gambar di bawah ini:

Pada rangkaian motor peralatan rumah tangga seperti kulkas, freezer, AC atau refrigerator dapat ditemukan minimal  2 buah capasitor  yaitu RUN CAPACITOR dan START CAPACITOR . Keduanya merupakan capacitor type electrolytic yang dipasang dalam posisi yang berbeda pada rangkaian kelistrikan motor, oleh karena itu keduanya memiliki perbedaan cara kerja, selain itu  secara fisik dapat dilihat perbedaan ukurannya untuk RUN CAPACITOR mempunyai ukuran lebih kecil daripada START CAPACITOR, adapun kapasitasnya untuk RUN CAPACITOR  yaitu antara 5 microfarad sampai dengan 40 microfarad sedangkan untuk START CAPACITOR  kapasitasnya antara 95 micro farad sampai dengan 400 microfarad.

CAPASITOR STARTING yang dipasang pada rangkaian start motor fungsinya untuk membantu menggerakan motor pada saat pertama kali motor dijalankan, jadi bekerja hanya dalam beberapa detik saja, jika capacitor ini bekerja terlalu lama atau terlalu sering dapat menyebabkan panas sehingga capacitor mudah rusak.
Lain lagi dengan CAPACITOR RUN, yang ini akan terus bekerja selama motor beroperasi.
Mengapa dibutuhkan CAPASITOR RUN, simak penjelasan berikut;

Sebagaimana kita pahami bahwa ketika energi listrik dialirkan untuk menjalankan  motor satu phase selalu ada perbedaan phase antara tegangan dan arus yang disebabkan oleh pengaruh induksi, perbedaan ini menyebabkan terciptanya arus lebih (waste current), dan mengakibatkan perputaran motor menjadi tidak normal, untuk menghilangkan perbedaan phase tersebut maka dipasanglah CAPACITOR RUN.

Demikian ulasan mengenai capacitor yang ada pada peralatan rumah tangga, semoga bermanfaat.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *