Dispenser Air Minum

Dispenser adalah sebuah alat yang dipergunakan untuk menyimpan air minum, menggantikan fungsi daripada alat rumah tangga sejenis yang sebelumnya sudah ada yaitu teko, ceret, termos, tetapi sebagai pengembangan dari alat penyimpan air biasa dispenser memiliki banyak kelebihan diantaranya daya tampung yang besar, hingga bisa menyimpan persediaan air dalam kapasitas yang banyak, selain itu dispenser juga ada yang memiliki fitur bisa membuat air menjadi panas atau dingin, sehingga di saat membutuhkan air panas atau air dingin tidak lagi harus memasak atau memasukkannya kedalam kulkas. Umumnya air panas yang dihasilkan mencapai suhu 85 derajat Celsius dan air dingin yang dihasilkan bisa mencapai suhu 15 derajat Celsius. Karena kelebihan-kelebihannya tersebut dispenser saat ini menjadi alat yang di sukai dan banyak dipergunakan, baik di perumahan –perumahan, perkantoran , hotel, bahkan ditempat-tempat umum yang strategis dan layak untuk penempatannya, kita bisa temukan dispenser di sekolah, di rumah sakit, di Bank dll.
Berdasarkan fungsinya dispenser yang ada saat ini bisa dikategorikan menjadi 3 macam yaitu
Dispenser standar
Dispenser dingin/ panas
Dispenser galon bawah.

Dispenser standard adalah dispenser yang hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan air saja, dalam pemakaiannya, sebuah gallon berisi air minum harus disimpan dalam posisi terbalik diatas dispenser, kemudian sebuah keran yang didesain khusus untuk dispenser akan bekerja mengeluarkan air jika keran tersebut di tekan.

Dispenser dingin/ panas  adalah jenis dispenser yang dilengkapi dengan komponen pendingin dan pemanas air. Untuk pendinginnya ada yang menggunakan sistim compressor ada juga yang memakai alat pendingin elektronik yang dinamakanVellier, sedangkan alat pemanas umumnya menggunakan heater listrik yang terbuat dari coil metal.

Dibawah ini adalah gambar dispenser dingin panas dilihat dari depan

dispenser dingin-panas tampak depan

Dispenser galon bawah pada umumnya selalu dilengkapi dengan komponen pendingin/ pemanas serta dengan tambahan pompa penyedot yang berfungsi untuk menaikkan air dari gallon, pada dispenser ini gallon diletakkan berdiri, tidak terbalik seperti posisi galon pada dispenser biasa, sehingga pemakai tidak perlu repot harus menaikkan galon, selain itu juga dispenser ini bagus dipandang mata karena botol airnya tersembunyi. Lihat konstruksi dispenser gallon bawah pada gambar dibawah:

bagan dispenser galon bawah view depan
Klik pada gambar untuk melihat harga

 

Keterangan gambar

  1. Tutup atas
  2. Saklar listrik
  3. Pegangan pengangkat
  4. Condensor
  5. Lampu indicator
  6. Penampung air tumpah
  7. Pintu lemari gallon
  8. Tutup gallon dan selang
  9. Galon.
  10. Alas galon beroda

Berbagai inovasi dikembangkan oleh pabrik pembuat dispenser, ada yang menambahkan satu keran lagi diantara keran air panas dan air dingin yaitu keran untuk mengeluarkan air suhu normal jadi kerannya ada 3 seperti yang ditunjukkan pada foto dibawah ini:

keran dispenser air
Klik pada gambar untuk melihat harga

Dalam gambar diatas kita lihat untuk keran air panas agak berbeda bentuknya dengan 2 keran yang lain,  ini hasil pengkajian badan pengawas produk yang menyarankan agar keran untuk keluaran air panas bisa dikunci sehinga tidak bisa dimainkan oleh anak-anak.

Pemeliharaan Dispenser

Membersihkan dispenser bukan hanya untuk keindahan tetapi yang lebih penting adalah untuk menjaga agar tempat air minum ini bebas dari bakteri  dan mikroba lain yang merugikan, dianjurkan untuk melakukan pencucian dispenser setiap 6 minggu sekali. Silahkan ikuti saran melakukan pencucian dispenser yang dipaparkan dibawah ini.

Siapkan cairan  desinfektan.seperti karbol. Campurkan 1 sendok teh (5 ml) karbol dengan 5 lier air. Aduk hingga larut, jangan menambahkan karbol lebih dari takaran ini, jika ada larutan tersisa jangan disimpan lebih dari 30 hari sebelum digunakan. Jika karbol tidak ada bisa diganti dengan cuka.

Langkah  mencuci dispenser (sebaiknya menunggu sampai isi botol habis ketika akan membersihkan)

  1. Lepaskan kabel listrik dari soketnya.
  2. Keluarkan/ turunkan botol kosong dari dispenser.
  3. Lepaskan tatakan penampung tumpahan dari tempatnya.
  4. Untuk dispenser yang ada fasilitas air panas dan air dingin,, tutup tangki air panas dengan karet karena jika kemasukkan larutan karbol akan susah untuk membilasnya.
  5. Bersihkan bagian dalam  dispenser dengan kain atau busa yang dibasahi larutan karbol, lalu biarkan selama 2 sampai 5 menit sebelum dibilas, lakukan pembilasan sampai 4 kali atau sampai bau karbolnya hilang.
  6. Jika keran bisa dilepaskan, rendam dengan larutan karbol , bilas kemudia  pasangkan kembali pada tempatnya.
  7. Keringkan bagian luar dengan kain kering yang halus, maka dispenser yang sudah bersih bisa dipergunakan kembali.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *