Cara mengetahui jumlah truk yang dibutuhkan untuk mengangkut tanah urug

Ketika kondisi tanah yang hendak di bangun kondisinya berada dibawah ketinggian minimal maka dibutuhkan material untuk mengurug agar permukaan tanah meninggi hingga mencapai ketinggian yang dikehendaki. Untuk kebutuhan mengurug ini diperlukan tanah urug yang bisa dibeli di broker penjual tanah urugan,  adapun jenis tanahnya bisa dikonsultasikan sesuai dengan kesepakatan, berbeda jenis tanahnya tentu berbeda pula harganya.

truk tanah urug

Dalam posting kali ini saya akan menguraikan cara menghitung kebutuhan tanah urugan, agar pemesan tanah bisa memperhitungkan besarnya dana yang harus disiapkan,  ketika hendak melakukan pembelian tanah untuk meratakan lahan yang dimilikinya.  Silahkan simak cara menghitungnya dalam uraian dibawah ini;

Kebutuhan tanah urugan=1,2% dikali  volume lahan yang akan diurug lalu dibagi volume truk yang membawa tanah, margin 1,2% diperlukan sebagai kompensasi adanya pemadatan atau pemampatan tanah, karena biasanya tanah yang dibeli diangkut dalam kondisi tidak dikompress alias tidak dimampatkan.

Berikut ini contoh salah satu kasus perhitungan kebutuhan tanah urug pekarangan yang hendak didirikan bangunan diatasnya;

Dari hasil perhitungan manual atau dengan menggunakan metode pengukuran  tanah via online  di peroleh luas tanah adalah 1500 meter persegi (m2),  kedalaman yang harus di urug setinggi 2 meter,  maka jumlah tanah yang diperlukan adalah 1.2 X 1500 X 2= 3600 m3. Setelah kita mengetahui jumlah tanah yang dibutuhkan tentu saja akan lebih baik lagi jika kita bisa mengetahui berapa truk yang dibutuhkan untuk mengangkut tanah sebanyak itu, cara perhitungannya  adalah sebagai berikut;  jumlah tanah yang diperlukan dalam meter kubik dibagi kapasitas truk dalam meter kubik, dalam contoh kasus ini misalnya kita akan menggunakan mobil  truk FUSO engkel bak  dengan ukuran bak panjang: 6mtr, lebar: 2,25mtr, tinggi : 2,2mtr, alias kapasitas mobil 6 X 2,25  X 2,2 = 29,7mtr, kebutuhan akan mobil truk untuk mengangkut tanah sejumlah 3600m3 yaitu 3600/29,7 hasilnya 121.21 dibulatkan menjadi 122 truk. Demikian posting tentang cara menghitung jumlah truk yang dibutuhkan untuk mengangkut tanah urug ini semoga bermanfaat. Artikel terkait tentang kapasitas mobil truk dapat dibaca pada artikel yang berjudul “Mengenal model dan type mobil truk”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *