Cara mengajukan permohonan pasang listrik PLN

Bermula dari pertanyaan pembaca yang ingin tahu cara pasang listrik di rumahnya yang baru, maka saya terinspirasi untuk memuat pengalaman pribadi ketika mengajukan permohonan memasang listrik ke PLN. Kalau sebelumnya saya menduga pemasangan saluran listrik PLN yang  baru akan mengalami kesulitan serta birokrasi yang berbelit-belit, tetapi kenyataannya  asumsi tersebut tidaklah benar, proses pengajuan pasang listrik baru sangat mudah karena sekarang ada fasilitas permohonan online di situs resmi PLN.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang saya alami mulai dari pengajuan sampai tenaga  listrik  masuk rumah.

1. Kunjungi situs resmi PLN www.pln.co.id Dihalaman utama situs pada sisi sebelah kiri ada menu Permohonan yang terdiri dari 3 pilihan yaitu Pasang baru, Perubahan daya dan Sambungan sementara, untuk memasang sambungan baru klik pada tulisan Sambungan baru, lihat gambar dibawah ini;

listrik pln 1

2. Sebelum melanjutkan kita harus membaca pasal-pasal perjanjian yang memuat syarat dan ketentuan pemasangan sambungan listrik baru atau perubahan daya  antara pelanggan dengan PLN,  setelah selesai membaca jika setuju dengan semua isi perjanjian klik tombol SETUJU.

listrik pln 2

3. Kemudian akan muncul halaman formulir permohonan yang harus diisi oleh pemohon. Lihat gambar dibawah ini yang menunjukkan kolom-kolom formulir permohonan yang harus diisi oleh pemohon;

listrik pln 3

4. Sebagai informasi, permintaan sambungan listrik online ini tidak berlaku untuk permohonan daya 450 watt dan 900 watt, jadi hanya berlaku untuk permohonan mulai dari 1200 watt ke atas.

listrik pln 4

5. Bila data orang yang mengajukan permohonan online  tidak sama dengan data calon pelanggan yang meminta sambungan maka formulir data pelanggan dan data pemohon harus diisi kolom per kolom,  tetapi jika orang yang mengajukan permohonan online sama datanya dengan orang yang akan terdaftar di PLN sebagai pelanggan maka cukup di klik data pemohon sama dengan data pelanggan , secara otomatis formulir kedua  akan terisi dengan data yang sama dengan formulir yang sudah terisi.

listrik pln 5

6. Klik tombol kirim permohonan lalu lanjutkan dengan mengisi kode capcha dan klik simpan permohonan. Maka akan muncul pop up dengan tulisan “Permohonan Mutasi anda telah kami terima, selanjutnya kami akan mengirimkan konfirmasi lewat email”

listrik pln 7

7. Klik OK untuk selanjutnya anda akan menerima kode konfirmasi permohonan, simpan kode ini untuk keperluan admisinstratif yang diperlukan selama proses pemasangan seperti pembayaran biaya pasang , pemeriksaan data pemohon, pemeriksaan kelayakan tempat yang akan dipasangi sambungan dan sebagainya. Pada halaman konfirmasi permohonan ada tombol simpan,  klik tombol ini maka akan ada pop up yang berisi, nomor register, nomor agenda, jumlah yang harus dibayar , type permohonan. dst.

listrik pln 6

8. Kemudian buka email yang kita pakai untuk mendaftar , akan ada email konfirmasi dari PLN serta anjuran agar segera melunasi biaya pemasangan, diberi tempo satu bulan sejak mengajukan pendaftaran biaya harus dilunasi jika tidak maka secara otomatis permohonan akan dibatalkan.

listrik pln 10

Setelah biaya dibayarkan, pihak PLN akan menghubungi pemohon untuk melanjutkan  proses pemasangan sebagaimana prosedur yang berlaku.

Demikian kiranya penjelasan cara memasang sambungan baru PLN secara online, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan, adapun pasal-pasal tentang syarat dan ketentuan pemasangan listrik PLN tidak hanya wajib diketahui oleh pelanggan baru, ada baiknya jika setiap pemakai listrik PLN memahami juga apa yang menjadi hak dan kewajiban kedua belah pihak yaitu antara PLN sebagai pemberi layanan dengan masyarakat sebagai konsumen pemakai tenaga listrik.

One thought on “Cara mengajukan permohonan pasang listrik PLN

  1. Ingin menanyakan. Bila ingin pasang kwh baru berapa.? Sebelum nya kwh lama ditarik pihak pln.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *