Cara memilih hewan kurban yang baik

Menunaikan ibadah haji ke Mekah al mukaromah adalah rukun islam yang  wajib dilaksanakan oleh kaum muslimin yang sudah mampu melaksanakannya, mampu dalam hal mental, fisik dan materialnya. Menyertai pelaksanaan ibadah haji, memotong hewan qurban merupakan salah satu kegiatan ibadah di hari raya idul adha yang dapat menjadi tolok ukur keimanan seorang muslim. Seorang muslim yang akan melaksanakan ibadah qurban harus memiliki hati yang ikhlas mempersembahkan hewan qurbannya untuk disembelih di hari idul adha. Tanda keikhlasan tersebut salah satu diantaranya diwujudkan dengan memilih hewan kurban yang baik yaitu hewan ternak yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sebagai hewan kurban.

Persyaratan  hewan yang hendak dijadikan sebagai hewan untuk qurban antara lain;

  1. Hewan ternak yang halal dimakan yaitu; Sapi, Unta, Kambing, Domba
  2. Sudah memiliki umur yang cukup yaitu untuk kambing berumur 12 sampai 18 bulan dan untuk sapi atau kerbau 22 bulan.
  3. Tidak cacat fisiknya dan tidak gila (karena menurut penelitian ada juga sapi yang terjangkit penyakit gila)

Cara untuk mengetahui umur ternak tersebut yaitu dengan mengamati giginya. Jika gigi susunya atau gigi yang bagian depan  hewan ternak sudah tanggal berarti hewan tersebut sudah memiliki umur yang cukup untuk dijadikan hewan qurban, seperti sapi misalnya akan tanggal gigi susunya pada saat berumur 22 bulan. Dianjurkan hewan yang akan dijadikan hewan kurban adalah hewan berjenis kelamin jantan, ini tidak lain dalam rangka menjaga kelestarian binatang  tersebut. Kemudian fisiknya juga harus yang sehat, ciri-ciri hewan yang sehat bisa diketahui dengan mengamati anggota badan yang  disebutkan ini dalam keadaan mengkilat; selaput lendir bagian mata, mulut, lidah dan alat kelaminnya, selain itu juga dapat di lihat dari pergerakannya yang lincah, tubuhnya tidak lemas, matanya tidak merah, dan mulutnya tidak mengeluarkan banyak lendir (kalaupun ada tidak berlebihan). Syarat lainnya lagi, hewan yang akan dijadikan hewan qurban tidak boleh cacat, seperti tubuhnya luka yang berlebihan, kupingnya sobek, tanduknya patah, kakinya pincang dan cacat fisik lainnya. Terakhir, syarat hewan qurban adalah proses jual belinya harus memenuhi syarat jual beli yang syah yaitu ada barang, ada penjual dan pembeli, ada harga, ada saksi, dan ada ijab qobul.

Jelang Hari Raya Idul Adha Harga Kambing Kurban merangkak Naik

Menjelang hari raya idul adha permintaan untuk kambing kurban terus meningkat, hal ini membuat harga kambing kurban juga ikut merangkak naik. Untuk harga kambing kurban sendiri bervariasi sesuai dengan jenisnya. Umumnya harga kambing kurban berbeda dari kota ke kota,  sesuai dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat di kota yang bersangkutan. Untuk harga kambing kurban di Indonesia saat ini berkisar antara Rp. 1.000.000 sampai dengan Rp. 5.000.000 per ekornya. Jika anda menginginkan membeli kambing dan diantarkan oleh penjual ke kediaman anda harga yang dibandrol tersebut belum termasuk dengan ongkos kirim kambing ke kediaman anda sehingga anda harus membayar biaya tambahan. Harga  tersebut juga bervariasi tergantung dengan jenis kambing yang ingin anda beli untuk dikurbankan. Di Indonesia sendiri setidaknya terdapat 12 jenis kambing dan domba yang  biasa di jadikan kurban. Untuk mencari kambing kurban dengan harga yang sesuai anda dapat membelinya langsung kepada peternak kambing atau dapat juga melalui organisasi atau perusahaan yang khusus menjual kambing untuk kurban ataupun aqiqah. Sangat disarankan memang membeli kambing kurban pada perusahaan ataupun paguyuban yang khusus menjual kambing untuk kurban dan aqiqah sebab perusahaan jenis ini memang hanya menjual kambing untuk keperluan tersebut sehingga dapat dipastikan bahwa kambing yang dijual sudah sesuai dengan kriteria kambing yang digunakan untuk kurban dan aqiqah yaitu sesuai dengan syariat islam. Jika anda berniat melakukan kurban pada lebaran idul adha saat ini maka paling tidak anda harus mengetahui kriteria kambing yang boleh dikurbankan sehingga anda tidak salah membeli kambing dan ibadah kurban yang anda lakukan juga dapat berjalan dengan baik.

Demikian tulisan mengenai hewan qurban ini disadur dari beberapa sumber, semoga bermanfaat, bagi pembaca yang ingin mencari alamat penjual kambing untuk qurban silahkan baca tulisan berjudul “Jasa jual beli kambing”

2 thoughts on “Cara memilih hewan kurban yang baik

  1. Tanggal 10 Dzulhijjah merupakan hari raya Idul Adha atau Idul Kurban. Idul Kurban merupakan suatu perayaan yang memberikan makna yang luas bagi umat Muslim. Salah satu syarat terpenting dalam melaksankan ibadah kurban adalah memberikan hewan kurban yang sah berdasarkan syariat Islam dengan kualitas yang baik. Yuk intip Unair News membagikan tipsnya, langsung klik aja ya, terimakasih : http://news.unair.ac.id/2018/08/13/inilah-empat-tips-memilih-hewan-kurban-yang-baik/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *