sb1m widget

Water proofing metode perlindungan bangunan dari kebocoran  

Berbagai metode perlindungan bangunan dari kebocoran telah di implementasikan oleh para pembuat bangunan, meskipun demikian masih jarang yang mengetahui kalau metode yang dipakai terdiri dari banyak pilihan. Pada umumnya pemilik bangunan telah mempercayakan pengerjaan water proofing kepada kontraktor pelaksana tanpa mempertimbangkan kehandalannya. Penjelasan dibawah ini menerangkan nama serta cara-cara yang dipakai pada saat melakukan perlindungan kebocoran bangunan, silahkan disimak;

Waterproofing Coating merupakan metode untuk melindungi bangunan dari kebocoran dengan menggunakan bahan polimer agar menutup permukaan struktur yang dilindungi di area tertentu. Waterproofing Coating berbentuk cairan pasta yang biasanya digunakan untuk permukaan beton dengan menggunakan kuas, roll, trowel dan mesin spray.

Waterproofing membran bakar adalah metode waterproofing yang sering diaplikasikan pada bangunan gedung, toko, rumah tinggal dan bangunan lainnya, karena metode ini memberikan lapisan pada permukaan struktur beton. Sehingga sangat cocok untuk melapisi atap bangunan yang mengalami kebocoran.

Injeksi Beton / Injeksi Grouting merupakan  metode  untuk mengisi rongga beton yang mengalami kebocoran atau keropos. Dengan menggunakan injeksi beton dapat menutup keretakan pada beton / mengisi rongga pada beton yang keropos. Injeksi Beton juga mempunyai kekuatan yg sangat luar biasa untuk menyumbat rembesan atau kebocoran air pada struktur beton. Seperti : Basement , fit lift, kamar mandi, dak beton.

Epoxy Lantai adalah salah satu metode yang diterapkan untuk membuat lantai bangunan lebih awet. hasil lapisan epoxy lantai dikenal sebagai pelindung yang handal untuk melindungi lantai beton hingga bisa tahan lama sampai bertahun – tahun, terutama hal ini disebabkan oleh kualitas  bahan yang digunakan.

Contoh bahan-bahan yang sering dipergunakan untuk keperluan water proofing diantaranya;

AM 30 adalah perekat ubin dua komponen yang mengandung Synthetic Latex – Styrene Butadiene Rubber sehingga dapat menghasilkan daya rekat ekstra kuat dan fleksibel, tahan terhadap getaran dan tahan terhadap rendaman air.

AM 83 adalah produk pengeras lantai beton berbentuk powder siap pakai untuk meningkatkan kekerasan permukaan beton sehingga memiliki ketahanan terhadap gesekan dan benturan.

AM 115 adalah cat pelapis anti bocor yang diformulasi khusus untuk mengatasi kebocoran atap dak yang terekspos air hujan dan sinar. Dengan inovasi polyurethane – acrylic sehingga tahan terhadap genangan air, jamur & lumut tetapi tetap elastis dan memiliki daya rekat yang kuat serta ramah lingkungan.

AM Epoxy Tile Grout adalah pengisi nat tiga komponen berbahan dasar epoxy yang mempunyai daya rekat kuat, kedap air dan tahan terhadap bahan kimia. Sangat sesuai diaplikasikan pada laboratorium, rumah sakit, pabrik, kamar mandi,kolam renang, bak penampung air
dan dapur

Dan masih banyak lagi material lainnya, perkembangan teknology tidak terlepas dari pada terciptanya berbagai bahan bangunan tersebut, sementara dari sisi pekerja atau sumber daya manuasianya banyak kontraktor atau perusahaan yang telah memberikan pengetahuan khusus kepada para pekerja agar bisa mengerjakan “water proofing” dengan cara yang benar dan efesien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *