Tips mengatasi bunga es pada kulkas

Dimasa lalu kita sering menjumpai ada kulkas yang di bagian freezernya membentuk bunga es atau tumpukan salju yang mengganggu, bongkahan es semacam salju tersebut seringkali menyelimuti bahan makanan yang tersimpan pada bagian freezer sehingga membuat tidak nyaman bagi pemilik kulkas, namun sekarang semua kulkas sudah dilengkapi dengan sistim anti frost sehingga tumpukan bunga es yang tidak diinginkan itu tidak pernah ada lagi.

Kalau sekarang kita menemukan ada kulkas atau freezer yang mempunyai bunga es di bagian freezernya berarti ada sesuatu yang tidak normal. Penyebab ketidaknormalan tersebut diantaranya;

Bunga es dapat terbentuk karena karet perekat pada bagian pintu sudah tidak bagus sehingga tidak bisa menutup rapat, akibat daripada masuknya udara melalui perekat yang bocor tersebut maka terbentuklah bunga-bunga es.

Penyebab lain yang sering juga menjadi penyebab terjadinya bunga es yaitu akibat engsel pintu yang tidak normal, karena dari sela-sela daun pintu yang kurang rapat bisa masuk udara luar kedalam bagian freezer, ini yang dapat membentuk bunga-bunga es.

Atau bisa juga bunga es terjadi akibat letak kulkas yang terlalu dekat ke dinding, ketika kulkas terlalu rapat ke dinding maka panas yang ditimbulkan oleh compressor akan terakumulasi sehingga mengganggu sirkulasi udara, udara yang panas disekitar condenser akan berpengaruh terhadap proses pendinginan di dalam freezer, hal inilah yang kemudian menimbulkan bunga es yang tidak dikehendaki.

Sebab lainnya yang sering sekali terjadi tapi kurang mendapat perhatian yaitu menjaga kebersihan lobang tray penampung cairan kondensat , bilamana lobang pembuangan kondensate tertutup oleh kotoran akan menimbulkan penumpukan cairan hingga kedalam freezer dan cairan yang tidak terbuang inilah yang kemudian mengeras membentuk bunga es, gambar dibawah ini menunjukkan bagian freezer yang diselimuti dengan bunga es.

freezer dengan bunga es

Selain sebab-sebab sebagaimana disebutkan diatas hal lain yang dapat mengakibatkan terbentuknya bunga es adalah adanya komponen yang rusak, yaitu komponen timer untuk mengatur waktu defrost atau thermostat yang mengontrol suhu didalam freezer, jika kasusnya berhubungan dengan kerusakan komponen maka untuk memperbaikinya disarankan meminta bantuan penyedia jasa servis. Admin jasaservis memuat daftar bengkel kulkas yang ada di beberapa kota, silahkan baca postingan  berjudul “jasa servis kulkas dan freezer”




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *