Beberapa Perangkat Pendukung Protokol New Normal

Tahun 2019 menjadi tahun yang paling bersejarah dimana pandemik akibat penyebaran virus corona dimulai, wabah virus corona menjadi isu global yang menjangkiti  63 negara di dunia termasuk Indonesia. Hingga saat ini efek dari pada covid-19  di negara kita masih terasa mempengaruhi bebagai aspek kehidupan, bukan saja di bidang kesehatan  melainkan juga berimbas terhadap dunia hiburan, pendidikan, perdagangan, pariwisata dan lain-lain. Sebagai upaya mempertahankan kestabilan ekonomi pemerintah mengikuti anjuran WHO untuk menerapkan protokol new normal yaitu tatanan baru beradaptasi dengan covid-19 agar bisa memutus rantai penyebaannya. Prakteknya adalah dengan menerapkan social distancing, bermasker dan membiasakan mencuci tangan. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan bisnis dan kegiatan lain tetap berjalan lancar tanpa takut mudah terinfeksi virus corona.

Diseluruh tempat di terapkan protocol new normal seperti di perkantoran, perusahaan, bandara dan lain-lain, setiap pengunjung diwajibkan untuk menjalani cek suhu tubuh terlebih dahulu untuk memastikan suhu badan tidak tinggi, karena salah satu ciri-ciri terjangkit virus corona adalah suhu badan tinggi. Berbagai sarana penunjang untuk terlaksananya protocol new normal di sediakan di berbagai lokasi, terutama lokasi umum dimana kerumunan banyak orang sulit untuk dihindari.

Kita menjadi familiar dengan berbagai perlengkapan yang dipergunakan untuk memantau kondisi tubuh yang terpapar atau memantau  kondisi lingkungan agar terhindar dari potensi penyebaran virus covid-19.

Perangkat tersebut diantaranya seperti yang di uraikan berikut ini:

  1. Temperature gun atau digital termometer

Alat ini berupa temometer yang penggunaannya dilakukan secara  manual ke tiap-tiap  orang yang hendak di cek suhu tubungnya, petugas yang mengecek harus  mendekatkan bagian sensor alat pada bagian tubuh pengunjung, biasanya bagian dahi atau bagian punggung telapak tangan, kemudian kondisi suhu tubuh akan ditampilkan pada display daripada alat. Lihat gambar alat jenis  ini pada foto dibawah;

alat protokol new normal
Thermometer digital
  1. Smart temperature sensor

Pengunjung hanya perlu berdiri tepat di depan sensor yang telah di pasang. Otomatis suhu tubuh terdeteksi di dashboard yang sudah di sediakan dan otomatis datanya tersimpan pada memori alat, jadi tidak perlu lagi repot mencatat satu-satu atau menginput satu-satu ke computer.
Lihat contohnya pada gambar dibawah ini;

jasaservis.net Mesin Smart pengukur suhu tubuh
Mesin Smart pengukur suhu tubuh
  1. Thermal temperature imaging.

Alat ini mendeteksi suhu tubuh dari jarak jauh dengan teknologi infra red, gambar orang yang dibidik akan muncul dilayar dengan angka suhu tubuhnya, jika suhu tubuh orang yang di bidik melebihi ambang batas yang ditentukan gambar yang ampil akan berwarna merah sehingga petugas dapat dengan mudh mengetahui adanya ketidak normalan. Lihat gambar dibawah ini menunjukkan penampakan objek yang di bidik pada layar monitor.

jasaservis.net imaging protokol new normal
Tangkapan layar thermal imaging
  1. Distancing Video Camera

Selain dengan  mendeteksi suhu tubuh ada juga metode pemantauan protokol new normal berupa monitoring jarak orang dalam kerumunan, metode ini dikenal dengan sebutan social distancing analytic, alatnya yaitu berupa camera seperti dibawah ini,

jasaservis.net camera

Cara kerja camera ini tidak seperti umumnya camera penangkap gambar, alat ini dirancang bisa membedakan objek yang berupa benda dengan objek yang berupa mahluk hidup, yaitu dengan menambahkan efek suhu tubuh manusia ke dalam sistim softwarenya, sehingga alat ini cocok dipergunakan sebagai penunjang protokol new normal. Lihat hasil pantauan camera ini dalam gambar dibawah, nampak objek yang berupa manusia tampil mencolok bahkan dengan keterangan ‘person’, inilah keistimewaan dari camera social distancing yang  banyak dipergunakan di event-event show, mimbar keagamaan, pesta pernikahan dan acara kumpulan serupa.

camera social distancing-jasaservis.net protokol new normal
Tangkapan layar social distancing camera




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *