Penjelasan singkat tentang vaksin Covid 19

Hari ini hampir satu tahun berlalu sejak pertama kali virus Covid-19 tersebar dan menjadi pandemik, Wuhan China dianggap sebagai kota yang pertamakali menyebarkan virus. Bagaimana penyebaran penyakit ini sudah menjadi pengetahuan umum yaitu dapat menyebar dari orang ke orang melalui cipratan dari hidung atau mulut yang keluar saat pengidap Covid-19 batuk, bersin atau mengeluarkan napas. Cipratan ini mendarat di benda-benda  kemudian menularkan  virus  ketika ada orang sehat yang  menyentuh benda atau permukaan tersebut, lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka. Orang juga dapat tertular virus corona karena  menghirup semburan  dari pengidap virus corona yang batuk atau mengeluarkan napas.

Berdasarkan pada pengalaman cara terbaik untuk mencegah tertular virus covid-19 adalah dengan mengikuti pedoman penyebaran dan pencegahan, seperti diantaranya  menutup mulut dan hidung menggunakan masker,  menjaga jarak satu hingga dua meter antara  orang, mengikuti anjuran pemeriksaan suhu di tempat ramai, cuci tangan rutin dengan sabun dan menghindari kontak dengan orang sakit yang menunjukkan gejala  sakit di bagian pernafasan.

Hampir setiap  orang mempercayai  bahwa  vaksinasi adalah cara paling tepat untuk mengalahkan virus yang mematikan ini. Lalu apakah yang dimaksud dengan  vaksin? Vaksinasi adalah cara yang  aman dan efektif untuk melindungi orang dari penyakit berbahaya, sebelum penyakit tersebut menyerang dan melumpuhkan mereka.  Zat vaksin menggunakan pertahanan alami tubuh untuk membangun ketahanan terhadap infeksi tertentu dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi  lebih kuat. Vaksin melatih sistem kekebalan tubuh untuk membuat antibodi, seperti halnya saat terpapar penyakit. Namun, karena vaksin hanya mengandung bentuk kuman yang dimatikan atau dilemahkan seperti virus atau bakteri, vaksin tidak menyebabkan penyakit atau membuat  orang yang divalsin berisiko mengalami komplikasi. Kebanyakan vaksin diberikan melalui suntikan, tetapi beberapa ada yang diberikan melalui mulut atau disemprotkan ke hidung.

Vaksinasi adalah cara yang aman dan efektif untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa manusia. Saat ini sudah tersedia vaksin untuk melindungi dari setidaknya 20 penyakit, seperti difteri, tetanus, pertusis, influenza, dan campak. Bersama-sama, vaksin ini menyelamatkan nyawa hingga 3 juta orang setiap tahunnya.

vaccine covid 19

Pada saat kita divaksinasi, kita tidak hanya melindungi diri  sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitar kita. Ada sebagian orang yang tidak bisa menerima vaksin karena keadaan kesehatannya, misalnya karena sudah memiliki penyakit bawaan tertentu yang dapat menyebabkan keadaan tubuhnya menjadi lemah,  bilamana  mendapatkan  vaksin, untuk kelompok orang yang rentan seperti ini kita yang sehat memiliki peran sangat besar agar penyebaran virus dapat diredam.

Saat ini hampir semua negara di dunia sedang menguji kehandalan vaksin yang telah ditemukan, termasuk di Indonesia pelaksanaan uji coba sudah dilaksanakan beberapa tahap dan hampir mencapai final, semoga dalam waktu dekat sudah mulai bisa di distribusikan kepada masyarakat .




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *