Cara mengisi freon kulkas tanpa pompa vacum

Setiap kali kulkas atau mesin pendingin mengalami kerusakan disisi sirkulasi freonnya, baik karena kebocoran jalur atau kerusakan kompressor atau karena kerusakan komponen lain dalam jaringan sirkulasi freon, maka mau tidak mau freon harus diganti, freon lama walaupun masih banyak dan bagus harus dibuang agar jaringan sirkulasi freon pada kulkas menjadi kosong, hal inilah yang kadang –kadang membuat total harga servis kulkas menjadi mahal.

freon

Oleh karena itu penting bagi pihak bengkel untuk memberitahukan kepada konsumen sebelum melakukan perbaikan pada kasus yang semacam ini, terangkan kejadian serta kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi ketika akan menangani kasus yang berkaitan dengan kebocoran jaringan freon, kemungkinan buruk itu yaitu adanya keharusan mengosongkan jaringan untuk melakukan perbaikan seperti pengelasan, penggantian filter, perbaikan kompressor dan kegiatan lain yang membutuhkan pemotongan jalur feon.
Dengan melakukan langkah persuasive terhadap konsumen maka dapat terhindar adanya kesalah pahaman, karena kondisi ketidak tahuan konsumenyang dapat menimbulkan hilangnya kepercayaan pelanggan pada pihak bengkel.
Berkaitan dengan masalah penambahan atau pengisian ulang freon ke dalam kulkas berikut ini adalah petunjuk cara melakukan pengosongan ( vaccum) dan pengisian ( discharge)freon.

Cara vaccum freon tanpa pompa vaccum.
Cara ini biasa disebut vacuum strainer, karena metode vacuum yang dilakukan melalui lubang saringan ( strainer), langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Siapkan blender gas.
2. Methyl sebagai pembersih pipa
3. Refrigerant R-134a, freon yang biasanya di gunakan untuk kulkas.
4. Kawat las dan borax
5. Tang Ampere meter
Langkah-Langkah Pengerjaan:

1. Sebelum memulai pengerjaan mengganti, atau menambahan freon perlu diketahui dulu bagaimana rangkaian sirkulasi freon pada kulkas, gambar dibawah ini memperlihatkan arah aliran freon di mulai dari discharge compressor lalu ke kondensor, lalu ke strainer dimana terjadi proses filtrasi, lalu ke pipa kapiler, perhatikan bahwa pipa kapiler dipasang melilit pada pipa keluaran evaporator dengan tujuan agar proses pertukaran panas lebih efisien, kemudian freon yang dingin dari condenser akan melewati evaporator  di mana material yang didinginkan ditempatkan diatasnya, dari evaporator freon akan masuk kembali ke compressor melalui line suction. Lihat sirkulasi aliran Freon pada gambar di bawah ini:

ISI FREON TANPA VAKUM PUMP 4

Keterangan gambar;

A. Accumulator
B.Evaporator
C.Condenser
D. Strainer
E. Manifold
F.Tang ampere
G. Kompressor
H.Tabung Freon

Jadi freon pada mesin pendingin  itu bersirkulasi dalam rangkaian tertutup, sedangkan untuk menambahkan freon dibutuhkan jalur untuk memasukkan freon ke dalam rangkaian tertutup tersebut. Jalur untuk menyuntikan freon dinamakan pentil, pada prakteknya pentil ini di buat pada 2 tempat, satu pada compressor dan satu lagi pada strainer. Pada gambar dibawah ini terlihat pipa yang digunakan untuk menempatkan pentil, satu pipa pada stainer yang ditunjukkan dengan hurup D dan satu pada compressor yang ditunjukkan dengan hurup E

ISI FREON TANPA VAKUM PUMP 5

Keterangan gambar;

A.Strainer
B. Pipa Discharge
C. Pipa Kapiler
D. Pipa injeksi stainer
E. Pipa injeksi compressor
F.Pipa suction

Pentil yang dipasang pada pipa injeksi kompressor digunakan untuk memasukkan freon, sedangkan pipa injeksi pada stainer digunakan untuk memeriksa apakah freon  pada saat pengosongan  sudah benar-benar keluar semua, serta untuk memeriksa apakah jalur freon sudah benar-benar terisi pada saat pengisian freon.

2. Pasang tang amper,  kemudian pasang selang manifold warna kuning pada pentil pengisian freon di kompresor maksudnya agar proses pemakuman dapat dimonitor. Pentil untuk mengisi Freon di compressor harus kita buat dulu karena pada awalnya belum tersedia fasilitas ini, caranya adalah sebagai berikut; siapkan pipa kapiler kira-kira sepanjang 30cm, potong tubing tembaga ukuran ¼ inch sepanjang 10cm, bersihkan ujung potongannya, pada ujung yang satu diberi nut dan dilakukan flaring agar ujung tubing bisa disambung dengan konektor, pada ujung lain daripada tubing 10cm ini di masukkan pipa capiler yang sudah kita siapkan sebelumnya, masukkan pipa kapiler ini kira-kira 3 cm kedalam tubing tembaga ¼ inch lalu dipatri agar ujung tubing tertutup rapat. Lihat gambar dibawah ini menunjukkan pentil yang sudah terpasang pada compressor, pada strainer harus dibuatkan pula pentil seperti ini;

compresor dengan pentil

3. Hidupkan kulkas agar proses pemakuman berjalan, check pada pipa kapiler pendek yang tadi di lubangi apakah keluar udara atau tidak, rasakan dengan jari tangan, bila belum keluar udara besarkan kembali lubangnya, karena melalui lubang inilah udara yang terdapat di dalam pipa pipa akan keluar.
4. Ambil wadah kecil untuk tempat Methyl dan masukan pipa kapiler pendek tadi kedalam wadah tersebut, akan terlihat gelembung2 di dalam air methyl tsb tanda udara sudah keluar dan tunggu hingga tidak ada lagi gelembung udara yang keluar dari dalam pipa kapiler ini. waktunya berkisar 80 menit s/d 100 menit.
5. Jika sudah tidak tampak gelembung udara yang keluar itu tandanya pemakuman berhasil namun bila dalam waktu tsb masih ada udara berarti masih ada kebocoran pada pipa yang di las, check bekas las las- an pada pipa.
6. Pemakuman berhasil dapat dilihat pada alat manifold gauge yang menunjuk di bawah nol psi (-30psi) dan pada wadah kecil yang diisi methyl gelembung udara sudah berhenti,  jika ada penurunan tekanan berarti masih ada kebocoran pada pipa yang di las, checking bekas las las- an pada pipa.
7. Proses pemakuman dengan strainer melalui lubang pipa kapiler ini sudah berhasil tinggal proses terakhir yaitu menutup lubang pada pipa kapiler tersebut caranya begini:
– Cabut power kulkas, jepit dengan tang pipa kapiler tsb. pada saat power kulkas di cabut kompresor kulkas tidak bekerja dan otomatis lubang pipa kapiler yang tadi mengeluarkan udara itu akan berbalik menjadi menghisap udara. Biarkan air yang berisi methyl dalam wadah itu terhisap oleh kompresor kemudian jepit pipa kapiler itu sebelum methylnya tersedot semua, setelah di jepit kemudian potong dengan tang potong.
8. terakhir sumbatlah potongan pipa kapiler tadi dengan kawat las dan blender gas. Proses pemakuman pada kulkas dengan cara manual tanpa menggunakan mesin vakum hanya dengan bantuan pipa strainer sudah selesai.

Cara mengisi freon tanpa pompa vacuum

Siapkan manifold gauge. Sambungkan selang biru dari manifold gauge ke pentil charging, dengan kondisi valve a dan valve b masih dalam keadaan tertutup. Pasangkan selang kuning dari manifold ke tabung Freon, lalu buka tutup tabung Freon perlahan-lahan, sementara itu pada ujung selang kuning yang terhubung ke manifold konektornya di kendorkan sedikit maksudnya untuk memeriksa dan meyakinkan kalau freon sudah mengalir sampai di manifold, buka 3 detik saja setelah itu kencangkan kembali. Langkah selanjutnya buka strainer (D) sehingga ujung-ujung nya bebas ke udara luar, dari dua ujung yang terbuka ini kita akan melakukan pemeriksaan pemakuman, caranya hidupkan compressor kulkas (hidupkan kulkas maka otomatis compressornya akan hidup) kemudian dengan menggunakan  jempol tangan tutup ujung strainer yang menuju kapiler rasakan efek vakum dan perhatikan compound gauge pada manifold akan bergerak turun hingga 30 inch Hg, sementara pada ujung terbuka satunya akan menyembur udara. Dalam keadaan seperti ini lakukan pemeriksaan kebocoran caranya dengan mengamati tekanan pada coumpund gauge jika besarnya berubah dari 30 inch Hg berarti ada kebocoran pada sistim sirkulasi Freon tersebut, maka perbaikan kebocoran harus dilakukan.

Jika keadaan 30 inch Hg tetap paling tidak selama 15 menit, proses pengisian Freon dapat dilanjutkan. Pasang strainer baru untuk menggantikan strainer yang lama. Pertama-tama pasang dulu strainer pada ujung yang terhubung ke condenser ( C ) kencangkan konektornya sementara ujung strainer yang sebelahnya di biarkan terbuka dulu karena dari ujung –ujung yang terbuka ini kita harus memeriksa aliran Freon. Sekarang ada dua ujung yang terbuka ke udara yaitu ujung yang dari kapiler dan ujung strainer. Tutup kedua ujung ini dengan jempol jari lalu hidupkan kompresor, jika ssudah terasa ada Freon yang keluar baru ujung-ujung yang terbuka itu di sambungkan dan di kencangkan konektornya.  sampai tahap ini berarti  proses pengisian mulai  berlangsung, compound gauge akan memperlihatkan kenaikan, setelah gauge menunjukkan tekanan 10 PSI sebaiknya dilakukan lagi pemeriksaan kebocoran, tutup valve a dari manifold lalu periksa kebocoran pada setiap sambungan-sambungan jika tidak ada kebocoran buka lagi valve a hingga tekanan naik sampai 30 PSI, setelah mencapai 30 PSI tutup lagi valve a dan lakukan pemeriksaan kebocoran seperti sebelumnya, jika hasilnya sudah memuaskan tidak ada gejala-gejala kebocoran  maka penambahan Freon dapat dilanjutkan dengan menghidupkan compressor. Buka valve a lalu hidupkan compressor kulka maka tekanan akan berangsur angsur turun menandai masuknya Freon kedalam sistim hingga tekanan akan bertahan di kitaran 6 PSI sampai 8 PSI. Dalam proses pengisian Freon ini perlu diperhatikan besaran ampere nya dengan menggunakan Amm meter, nilai yang terbaca harus sesuai dengan spesifikasi compressor terpasang, besaran amphere tersebut biasanya tertera pada buku panduan kulkas yang bersangkutan.

Bila proses pengisian Freon berjalan normal maka akan terjadi gejala-gejala berikut ini, ada suara mendesis pada bagian evaporator ini pertanda terjadinya expansi gas oleh capiler. Evaporator akan berangsur –angsur dingin sementara condenser akan menghangat, strainer juga akan naik temperaturnya lebih panas dari udara ambien, kemudian setelah satu jam kulkas  harus sudah menghasilkan batuan es.

Perlu diperhatikan jika sisi suction compressor berkeringat atau sampai terbungkus salju ini menunjukkan gejala pengisian Freon kelebihan, efeknya bisa menyebabkan tekanan berlebihan dan amphere naik melebihi kapasitas normal, kalau hal ini dibiarkan bias menyebabkan kerusakan pada compressor maka isi Freon harus dikurangi.

Demikian petunjuk pengisian Freon tanpa pompa vacum di atas sudah dipraktekan dan berhasil, jika ada yang membutuhkan bantuan bengkel untuk pengisian Freon maupun perbaikan kulkas lainnya silahkan temukan alamat bengkel kulkas  terdekat dengan lokasi anda di halaman  Alamat servis kulkas

 

5 thoughts on “Cara mengisi freon kulkas tanpa pompa vacum

  1. Judulnya cara isi freon tanpa mesin vacum kok pas isi freon pake mesin vacum juga? Gmn gan sy gak paham..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *