Apa yang dimaksud Reksadana

Reksa dana adalah nama salah satu sarana investasi bagi orang yang ingin menyalurkan uang yang dimilikinya agar bisa mendatangkan nilai tambah,  yaitu berupa keuntungan yang disebut deviden. keuntungan yang dimaksud diperoleh dari adanya kenaikan harga saham ketika di beli dengan harga saham saat hendak dijual kembali.  Definisi  Reksa Dana menurut Wikipedia adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan  oleh Manajer Investasi. ke portofolio efek seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

Nah loh maksud hati ingin tahu apa keuntungan yang bisa diperoleh dengan invest di reksadana, malah istilah-istilah  aneh yang keluar.

Investasi Danareksa

Sebenarnya sudah bukan rahasia lagi bahwasanya ilmu itu adalah modal bagi siapapun yang ingin memperoleh penghasilan , termasuk juga penghasilan dari invest di bidang saham reksa dana ini, hanya punya modal saja tidak menjamin seseorang akan bisa menjadikan uang modalnya menjadi sumber pendapatan, saya yakin anda semua setuju.

Oleh karena itu sebelum memulai investasi reksa dana alangkah baiknya dipelajari dulu istilah-istilah yang biasa diterapkan di lingkungan bisnis reksadana ini, silahkan disimak dan boleh ditanyakan kepada kami jika ada yang kurang bisa dipahami, dengan senag hati kami akan bantu menjelaskan;

Istilah-istilah yang terkait saham Dana Reksa:
1. SAHAM (STOCK)
Bukti penyertaan modal di suatu perusahaan, atau merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. ‎
2. CUSTODIAN
Lembaga atau pihak yang menyimpan surat-surat berharga yang diperdagangkan seperti saham. Salah satu tujuannya adalah agar mempermudah penyelesaian transaksi di kemudian hari
3. MANAJER INVESTASI
Pihak yang mendapat izin untuk mengadakan kegiatan usaha mengelola Portfolio Efek bagi para nasabah atau mengelola Portfolio Investasi kolektif untuk sekelompok nasabah.
4. EMITEN
Pihak atau perusahaan yang menawarkan efeknya kepada masyarakat investor melalui penawaran umum
5. DIVIDEN
Bagian keuntungan perusahaan yang diberikan kepada pemegang saham. Dividen dapat berupa dividen tunai atau dividen saham
6. INDEX (INDEKS HARGA SAHAM)
Index harga saham merupakan indikator utama yang menggambarkan pergerakan harga saham
7. INVESTASI
Kegiatan menanam dana atau modal dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dimasa mendatang.
8. BURSA SAHAM
Pihak yang menyelenggarakan atau menyediakan sistem untuk mempertemukan penawaran jual dan beli saham
9. NAB (NILAI AKTIVA BERSIH)
Total Nilai Efek berdasarkan harga pasar pada suatu saat, setelah dikurangi biaya-biaya Reksa Dana dan kewajiban pajak.
10. PORTFOLIO
Jika Anda melakukan diversifikasi investasi pada lebih dari sebuah saham atau dengan kombinasi obligasi, valas, properti atau aktiva lainnya dengan tujuan mengurangi resiko, maka Anda telah menciptakan portfolio.
11. DIVERSIFIKASI
Cara berinvestasi dengan menanamkan uang pada beragam instrument investasi untuk mengurangi resiko
12. EFEK
Surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial saham, obligasi, tanda bukti utang, unit penyertaan kolektif kontrak berjangka atas efek dan setiap derivatif dari efek
13. LIKUIDITAS
Likuiditas adalah ukuran kemudahan suatu investasi untuk dicairkan atau dikonversi menjadi uang tunai. Uang tunai dijadikan ukuran karena bisa digunakan dengan mudah dan segera

Cara memulai invest danareksa saham

Disini saya hanya akan menunjukkan langkah-langkah jika kita ingin memulai membeli saham dari institusi yang sudah saya kenal yaitu DIM (Danareksa Investment Management) sebenarnya banyak institusi lain pengelola reksadana di negara kita.
Pertama-tama kita harus mendaftarkan data pribadi  di website DIM.
Kemudian upload document yang menjadi syarat pendaftaran yaitu kartu tanda penduduk, kartu keluarga dan NPWP. Setelah pendaftaran disetujui kita akan dapat email konfirmasi melalui e-mail untuk kemudian dilanjutkan dengan proses penggatiaan password dengan password baru.
Untuk selanjutnya kita bisa login dan melakukan beberapa aktivitas diantaranya sebagaimana diuraikan dibawah ini:

  • Melakukan transaksi pemesanan baik pembelian maupun penjualan, sehingga lebih nyaman dalam transaksi termasuk juga  apabila  ingin mengikuti program “Investasiku Masa Depanku”.
  • Melihat laporan saldo & sejarah transaksi setiap harinya, sehingga posisi terakhir dari portofolio investasi dapat dipantau demi membantu  dalam mengambil keputusan atas investasi yang dikelola. Posisi terakhir dengan NAB hari sebelumnya dapat di lihat mulai jam 9.30 WIB setiap hari kerja.

Kami admin jasaservis mohon maap jika ada kekurangan dalam tulisan ini,  penjelasan yang berkenaan dengan langkah-langkah pembukaan akun di PT Danareksa Investment Management dapat di baca pada artikel “cara daftar menjadi nasabah danareksa”




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *