Oxygen Concentrator Mesin Oxygen Untuk Kesehatan

Oxygen concentrator menjadi perangkat yang banyak dicari orang setelah kasus wabah virus Corona -19 merebak di seluruh penjuru dunia,  hal ini berkaitan dengan salah satu cara penanganan covid 19 yaitu memberikan asupan oksigen agar kebutuhan oksigen dalam tubuh tetap terjaga. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana oksigen konsentrator sebagai mesin penghasil gas oksigen bekerja. Benarkah concentrator menghasilkan gas oksigen dengan kadar yang sesuai sebagaimana dibutuhkan oleh tubuh manusia simak selengkapnya. Komponen yang terdapat pada mesin oxygen concentrator secara umum terdiri dari filter udara, kompresor, media penyerap, solenoid valve, tabung penampung gas, pressure switch, temperatur sensor, perangkat elektronik, dan pemipaan.

Filter udara;  komponen ini ditempatkan pada pipa masukkan ke kompresor, fungsinya untuk menyaring udara yang masuk ke mesin atau yang terhisap oleh kompresor agar bersih dari partikel-partikel, pada umumnya filter ini berukuran sekitar 0,5 micron.

Kompresor; digunakan sebagai alat untuk menaikkan tekanan yang outputnya disesuaikan dengan kebutuhan debit yang akan diproses oleh komponen molecular sieve.

Molekular Sieve; adalah komponen utama daripada mesin oxygen concentrator, adapun molecular sieve yang dipergunakan yaitu jenis ziolite, zat ini bekerja sebagaimana filter, dimana molekul oksigen yang ukurannya lebih kecil dari molekul nitrogen dapat lolos, sementara molekul nitrogen tidak dapat lolos dan akan terkumpul di area molecular sieve, hingga pada waktu tertentu mengakibatkan molekular sieve menjadi jenuh dan tidak mampu lagi melakukan penyaringan, pada tahap itu maka molecular sieve harus di bersihkan, caranya yaitu dengan menyemburkan oksigen berlawanan arah, sehingga nitrogen yang terkumpul terusir ke atmosphere. Setelah bersih molecular sieve akan siap melakukan lagi penyaringan. Demikian proses penyaringan akan terus berlangsung selama mesin dihidupkan serta semua komponen dalam keadaan baik. Video dibawah ini merupakan ilustrasi perjalanan udara dari mulai masuk ke mesin hingga keluar dan menghasilkan gas oxygen.

Video diatas memperlihatkan terjadinya proses penyaringan molekul oleh media penyaring Molekular Sieve Ziolite. Sebenarnya ada berbagai type molecular sieve yang berfungsi sebagai penyaring molekul tapi untuk memisahkan molekul oksigen dari molekul nitrogen zat ziolite inilah yang paling efektip. Molekular  sieve banyak di pergunakan dalam industri untuk memisahkan  material yang di produksi  dari kandungan zat polutan, seperti misalnya pemisahan gas H2S dari hydrocarbon, pemisahan CO2 dari udara, pemisahan CO pada produksi gas hydrogen dan lain-lain.

Jadi prinsif kerja oksigen concentrator adalah memisahkan Oksigen dari Nitrogen. Komposisi udara normal yang kita hirup untuk bernapas terdiri dari 76% Ntrogen,  21% Oksigen dan selebihnya komponen gas lain,  setelah melalui proses  pemisahan dengan molekular sieve maka gas yang keluar hanya mengandung  Oxygen yang kadarnya bisa mencapai 90%. Faktor lain yang mempengaruhi kadar oksigen keluaran mesin adalah debit alirannya, semakin besar debit yang melalui molecular sieve akan semakin berkurang kadar oksigen nya, namun masih tetap memenuhi kadar oksigen yang di butuhkan oleh tubuh.

Solenoid valve; komponen ini berfungsi sebagai keran yang mengatur aliran udara di dalam mesin, adapun waktu membuka dan menutupnya selenoid valve dikendalikan oleh perangkat kontrol elektronik. Module elektronik  dan display bisa disebut sebagai otak dan wajahnya mesin oxygen concentrator, melalui display pengguna mesin dapat membaca parameter-parameter sementara perangkat elektronik bekerja mengatur beroperasinya mesin.

Dibawah ini adalah penampakan salah satu merk oxygen concentrator yang banyak dipasarkan di Indonesia.

Sebagai sebuah mesin yang beroperasi , oxygen concentrator juga tentu membutuhkan pemeliharaan, bahkan seiring dengan masa pemakaian mesin juga akan mengalami kerusakan, kalau saat ini masih belum banyak yang membutuhkan jasa perbaikan, beberapa tahun yang akan datang bisa diperkirakan akan mulai banyak pemilik mesin yang membutuhkan jasa perbaikan, ini merupakanpeluang bagi penyedia jasa perbaikan, tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang mempersiapkan peralatan dan komponen cadangan apa saja yang dibutuhkan untuk memperbaiki mesin oxygen concentrator, semoga menjadi inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *